Secara khusus, jarum yang ditusuk mengirimkan pesan ke tubuh yang menyebabkan peradangan. (Foto: Dok MI)
Secara khusus, jarum yang ditusuk mengirimkan pesan ke tubuh yang menyebabkan peradangan. (Foto: Dok MI)

Manfaat Akupunktur bagi Kesehatan Mental

Rona akupunktur
Raka Lestari • 29 Mei 2019 13:10
Jakarta: Akupunktur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi stres.
 
Akupunktur memiliki gaya pengobatan yang holistik karena menusukkan jarum ke tubuh dan tidak menyakitkan. Sama seperti tukang pijat, ahli akupunktur juga tahu persis bagaimana menggunakan jarum tergantung pada kebutuhan pribadi Anda.
 
Menurut Irina Logman L.Ac, MSTOM, CEO dan pendiri Advanced Holistic Center, akupuntur menstimulasi neurotransmiter di otak, meningkatkan kadar serotonin, dan epinefrin. Jenis relaksasi ekstrem semacam ini mengarah pada pengurangan stres dan kecemasan secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat akupunktur:

-Akupunktur dapat meringankan kecemasan

Akupunktur dapat menenangkan respons fisik terhadap saraf Anda, akupuntur juga mendorong pikiran untuk bersantai sejenak dan menenangkan diri. Ketika Anda stres, tubuh Anda akan terjebak pada emosi negatif seperti kecemasan, kemarahan, dan kesedihan. Akibatnya tubuh akan merasa tegang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Melalui akupunktur, Anda menciptakan trauma dalam skala kecil untuk mengingatkan tubuh agar menyembuhkan diri sendiri dengan menjaga aliran energi yang sehat ke seluruh tubuh," ujar Logman.

-Akupunktur juga penghilang rasa sakit alami

Pendiri Yinova, Dr Jill Blakeway mengatakan kepada Elite Daily bahwa jarum akupunktur dapat digunakan dengan berbagai cara untuk berbagai kebutuhan. Tujuannya adalah untuk mengobati titik-titik akupunktur di seluruh tubuh, yang mendorong pelepasan endorfin atau obat penghilang rasa sakit alami bagi tubuh.

-Akupunktur dapat meningkatkan sistem imun

Blakeway mengatakan bahwa luka kecil yang tidak menyakitkan yang disebabkan oleh jarum akupunktur, benar-benar meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan memulai proses penyembuhan.
 
"Secara khusus, jarum yang ditusuk mengirimkan pesan ke tubuh yang menyebabkan peradangan dan infeksi lainnya yang meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh," tambahnya.

-Akupunktur dapat meningkatkan kualitas tidur

Blakeway mengatakan bahwa bagi penderita gangguan tidur seperti insomnia, akupunktur dapat memperbaiki akar permasalahannya yang bisa jadi karena masalah hormonal, pencernaan, psikologis, atau neurologis.
 
Ani Baran, L.Ac, dari Pusat Akupunktur New Jersey, menambahkan bahwa akupunktur telah terbukti meningkatkan produksi melatonin alami tubuh pada malam hari. Sehingga dapat membantu Anda tidur lebih lama dan lebih tenang sepanjang malam.
 
Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif