Empat Kesalahan saat Memandikan Bayi Pertama Kali

Raka Lestari 18 Juli 2018 11:24 WIB
tumbuh kembang bayi
Empat Kesalahan saat Memandikan Bayi Pertama Kali
(Foto: Beauty Health)
Jakarta: Banyak ibu takut memandikan bayi untuk pertama kalinya lantaran tulang bayi masih lunak. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), bayi memang sebaiknya tidak dimandikan pada beberapa minggu pertama.

Sebagai gantinya, Anda bisa membersihkan bayi dengan menggunakan kain lap, sabun bayi, dan air. Cara ini, diklaim mampu membuat bayi lebih mudah disusui.

Dikutip dari Romper, berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan ibu ketika memandikan bayi untuk pertama kalinya.


1. Meletakkan bayi ke bak berisi air

Menurut AAP, tidak perlu meletakkan bayi kedalam air pada mandi pertama mereka. Apalagi jika Anda membiarkan tali pusar bayi terlepas dengan sendirinya, maka artinya Anda harus menghindari agar perut mereka tidak basah. Sementara itu, mandi dengan menggunakan spons atau kain lap dengan air hangat sudah cukup.

2. Menggunakan baby lotion

Menurut Mayo Clinic, kebanyakan bayi tidak membutuhkan lotion setelah mandi. Jika Anda memilih lotion, sebaiknya pilih lotion tanpa tambahan wewangian. Jika Anda merasa kulit bayi Anda kering sepanjang waktu, kemungkinan itu disebabkan karena bayi terlalu sering dimandikan.

3. Menggunakan sarung tangan 

Kecuali bayi Anda memiliki masalah kesehatan, sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan sarung tangan ketika memandikan bayi. Hanya petugas rumah sakit yang menggunakan sarung tangan ketika memandikan bayi untuk menghindari bayi dari infeksi.

4. Menggosok badan dengan keras

Ketika memandikan bayi yang baru lahir, sebaiknya Anda memandikannya secara halus dan lembut. Hal ini karena beberapa bagian tubuh mereka masih cukup rawan, seperti pada tali pusar atau bagian alat kelamin. Anda bisa menyeka tubuh secara lembut namun tetap bersih. 





(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id