Antibiotik pada Bayi Berisiko Memicu Obesitas? (Foto: gettyimages)
Antibiotik pada Bayi Berisiko Memicu Obesitas? (Foto: gettyimages)

Antibiotik pada Bayi Berisiko Memicu Obesitas?

Rona tumbuh kembang bayi obesitas pada anak
Torie Natalova • 03 November 2018 13:11
Jakarta: Bayi yang sering diresepkan minum obat antibiotik sebelum berusia dua tahun, lebih mungkin mengalami obesitas. Hal tersebut berdasarkan penelitian baru di Amerika yang melihat riwayat pengobatan bayi dan obesitas pada ratusan ribu anak-anak hingga usia delapan tahun.
 
Para peneliti berteori bahwa hal itu bisa terjadi karena dampak obat-obatan terhadap lingkungan mikroba baik yang ditemukan di pertumbuhan usus anak-anak.
 
Namun, peneliti juga mengatakan bahwa mikroba terganggu akibat dari infeksi atau demam, yang mungkin berkaitan dengan minum antibiotik maupun tidak. Para orang tua diminta untuk memastikan obat-obatan yang diminum anak-anak adalah apa yang dibutuhkan mereka saat sakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Antibiotik berperan besar dalam mengobati infeksi sehingga antibiotik akan diberikan untuk anak-anak yang mengalami infeksi. Jadi, orang tua harus benar-benar memahami penyakit apa yang dialami si kecil sehingga pemberian antibiotik tepat dilakukan.
 
Meski demikian, peneliti berpendapat temuan tersebut digunakan sebagai pandangan orang tua. Penelitian yang lebih lanjut diperlukan karena obesitas pada anak tak hanya disebabkan antibiotik, tapi juga banyak faktor seperti lingkungan, perilaku dan genetik.
 
 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif