Cegah kanker usus besar, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat dan berserat. (Foto: Pexels.com)
Cegah kanker usus besar, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat dan berserat. (Foto: Pexels.com)

Pada Usia Berapa Kanker Usus Besar Paling Sering Muncul?

Rona kanker kanker usus besar
Kumara Anggita • 03 September 2020 12:09
Jakarta: Salah satu faktor yang mengembangkan kanker usus besar adalah usia. Semakin tua usia seseorang, maka kemungkinan terkena kanker usus besar semakin besar.
 
Namun, hal ini tak boleh membuat Anda yang masih muda jadi lebih santai dalam menjaga kesehatan pencernaan.  Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP yang merupakan Guru Besar pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo sekaligus Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastro EnteroHepatologi menyebutkan bahwa kanker usus besar saat ini malah cenderung ditemukan pada anak muda.
 
“Jadi dengan meningkatnya usia, maka semakin banyak ditemukan kasus kasus kanker usus besar. Akan tetapi bukan berarti, umur masih muda tidak kena. Ada. Artinya kita malah cenderung temukan pada usia-usia muda,” jelasnya dalam Instagram Live ‘Apa Kata Dokter: Kenali Gejala Kanker Usus Besar di Era Pandemi’.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, melalui riset-riset yang ada ditemukan bahwa kanker usus besar ini muncul tak hanya karena faktor genetik semata. Ini terjadi karena gaya hidup orang yang tidak sehat.
 
Ada istilahnya penyakit ini ditemukan pada yang kita bilang kalau dulu faktor genetik. Namun ternyata riset-riset menemukan bahwa penyakit ini ‘didapat’.
 
Jadi bukan karena faktor genetiknya. Faktor ‘didapat’ cukup tinggi. Ini berhubungan dengan gaya hidup,” ungkapnya.
 
Oleh karena itu, kita bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan. Tentunya dengan cara memiliki gaya hidup yang lebih sehat dan mengendalikan faktor risikonya.
 
Faktor risikonya menurut Prof. Ari antara lain kegemukan, kurang bergerak, merokok, konsumsi alkohol. Cegahlah hal-hal ini. Selain itu, ia juga menganjurkan kita untuk perbanyak makan sayur dan menghindari konsumsi daging merah berlebih.
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif