ASI Bantu Sehatkan Pencernaan Bayi
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Sebuah penelitian baru menemukan bahwa bayi yang disusui setidaknya selama enam bulan memiliki lebih sedikit bakteri yang resisten terhadap antibiotik, dalam tubuhnya. 

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications ini menyimpulkan bahwa gula dalam ASI memberi makan 'bakteri baik', sehingga mencegah munculnya bakteri yang resisten terhadap antibiotik pada bayi. 

Para ahli dari Helsinki University berasumsi bahwa ASI dapat melindungi bayi dari bakteri jahat. Hal ini penting karena bayi sangat berisiko terhadap bakteri yang resisten terhadap antibiotik karena sistem kekebalannya belum berkembang. 


Para dokter setuju bahwa menyusui dapat mengurangi risiko alergi, memberikan vitamin dan nutrisi penting, dan membantu ibu baru untuk meningkatkan ikatan dengan bayinya.

Kandungan gula yang terdapat pada ASI, seperti Bifidobacteria dapat menyediakan makanan untuk bakteri baik di usus, yang bekerja seperti probiotik untuk bayi.

Menurut peneliti utama pada studi tersebut, Katariina Pärnänen, mengatakan Secara umum, bisa dikatakan bahwa memang menyusui bayi memiliki manfaat yang lebih baik secara keseluruhan. (Metro.co.uk)





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id