Gunakan topi atau kacamata hitam jika keluar rumah terkena matahari untuk menghindari katarak pada mata. (Foto: Pexels.com)
Gunakan topi atau kacamata hitam jika keluar rumah terkena matahari untuk menghindari katarak pada mata. (Foto: Pexels.com)

Penyebab dan Cara Menghindari Katarak

Rona katarak kesehatan mata
Raka Lestari • 12 Maret 2019 16:40
Anak-anak dan dewasa bisa terkena katarak. Beberapa gejala awal pada penderita katarak antara lain penglihatan buram atau berkabut bahkan tidak bisa melihat sama sekali, sensitif terhadap sinar atau cahaya, sering berganti kacamata karena ukurannya mudah berubah.
 

 
Jakarta:
Sebagai negara tropis dengan paparan sinar matahari sepanjang tahun, Indonesia memiliki jumlah penderita katarak yang besar. Selain itu faktor usia atau degeneratif juga menjadi penyebab timbulnya katarak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut data hasil survei Rapid Assesment of Avoidable Blindness (RAAB) tahun 2014-2015, mengidentifikasi beberapa faktor penyebab kebutaan dari tujuh provinsi di Indonesia dan katarak menempati porsi terbesar yaitu sekitar 75,5 persen.
 
Beberapa gejala awal pada penderita katarak antara lain penglihatan buram atau berkabut bahkan tidak bisa melihat sama sekali, sensitif terhadap sinar atau cahaya, sering berganti kacamata karena ukurannya mudah berubah.
 
Selain itu pada keadaan terang mata terasa silau, penglihatan lebih jelas ketika berada di ruangan dengan cahaya terbatas dan kadang terjadi penglihatan ganda ketika melihat suatu obyek.
 
Kepala Klinik Utama Mata JEC Bekasi, dr. Nashrul Ihsan, SpM mengatakan bahwa usia merupakan salah satu penyebab utama terjadinya katarak.
 
Penyebab dan Cara Menghindari Katarak
(Menurut data hasil survei Rapid Assesment of Avoidable Blindness (RAAB) tahun 2014-2015, mengidentifikasi beberapa faktor penyebab kebutaan dari tujuh provinsi di Indonesia dan katarak menempati porsi terbesar yaitu sekitar 75,5 persen. Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)
 
(Baca juga: Katarak Bisa Disembuhkan)
 
"Makin tambah usia pasti katarak. Fakor lain itu kondisi kesehatan, misal diabetes, glukoma sakit mata, dan kondisi kesehatan lain juga bisa menyebabkan kataral. Trauma juga bisa menyebabkan katarak, seperti luka atau kecelakaan," ujar dr. Nashrul dalam acara peresmian Klinik Utama Mata JEC Bekasi, Selasa, 12 Maret 2019.
 
"Anak-anak bayi juga bisa terkena katarak dan itu karena infeksi biasanya," tambah dr. Nashrul lagi.
 
Dr. Nashrul Ihsan, SpM memberikan tips untuk mencegah terjadinya katarak.

1. Hidup sehat

Karena katarak itu ada pengaruh juga dari asupan antioksidan. "Kalau tubuh kurang antioksidan bisa cepat terkena katarak. Antioksidan bisa didapat dari buah dan sayur dan usahakan untuk tidak merokok."

2. Gunakan topi dan kacamata hitam

"Kemudian kalau keluar rumah dan terkena matahari usahakan menggunakan topi atau kacamata hitam. Itu sangat baik. Dan bisa menggunakan kacamata yang minus karena minus yang tinggi itu bisa membuat seseorang lebih cepat terkena katarak," papar dr. Nashrul.
 
Dan yang terpenting adalah jangan lupa untuk selalu melakukan deteksi terhadap mata Anda. Deteksi dini merupakan salah satu cara agar katarak yang dialami tidak semakin bertambah parah.
 
Jika katarak sudah sangat parah kemungkinan akan sulit diobati atau bakan bisa menyebabkan kebutaan pada mata. Dan beberapa rumah sakit atau klinik yang bisa Anda kunjungi untuk memeriksakan mata antara lain, Klinik Utama Mata JEC Bekasi, KMN EyeCare, atau SMEC Jakarta.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif