Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30

Pelangi Karismakristi 27 Juni 2018 07:00 WIB
kalbe nutritionals
Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Tulang Mulai Usia 30
Mencukupi kebutuhan kalsium menjadi langkah penting untuk menjaga kesehatan tulang (Foto:Shutterstock)
Jakarta: Tulang pada tubuh manusia terus bertumbuh dan mencapai kepadatan maksimal pada usia 30 tahun. Namun pada satu dekade berikutnya, tulang akan berkurang kepadatannya secara bertahap.

Tulang merupakan jaringan yang hidup, yang terdiri atas sel tulang, saraf, pembuluh darah, dan sumsum tulang. Beberapa fungsi tulang di antaranya melindungi organ vital dan penopang seluruh tubuh.

Mengingat pentingnya peran tulang, bagi Anda yang memasuki usia 30an sebaiknya mulai peduli untuk memelihara massa tulang. Kepadatan tulang dipengaruhi oleh banyak hal, terutama nutrisi dan aktivitas.


Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kepadatan tulang.

1. Makan banyak sayuran

Sayuran merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik yang merangsang produksi sel-sel pembentuk tulang dan menjaganya dari kerusakan. Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi lebih dari sembilan porsi brokoli, kubis, peterseli, atau sayuran lain yang mengandung antioksidan berpotensi lebih rendah mengalami penurunan massa tulang.

2. Membatasi kafein

Kelebihan kafein dapat memengaruhi jumlah kalsium yang diserap tubuh. Anda dianjurkan minum kurang dari tiga cangkir kopi dan teh dalam sehari.

3. Kurangi alkohol

Kelebihan mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Sebaiknya Anda mulai mengurangi atau membebaskan diri dari konsumsi alkohol untuk mendukung kesehatan tulang.

4. Olahraga

Pada usia 30 tahun, olahraga penting dilakukan untuk membuat tubuh makin bugar dan menjaga kepadatan tulang. Lakukan olahraga teratur, setidaknya tiga hingga lima kali seminggu selama 30 menit.

5. Suplemen vitamin D 

Sebuah penelitian menyebutkan satu dari tiga orang dewasa berusia di atas 25 tahun kekurangan vitamin D. Meskipun sumber vitamin D bisa diperoleh dari paparan sinar matahari pagi, tak ada salahnya Anda mengonsumsi suplemen tambahan. 

6. Cukupi kalsium

Mencukupi kebutuhan kalsium menjadi langkah penting untuk menjaga kesehatan tulang. Pria dan wanita pada usia 30an membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari. Anda bisa memperolehnya dari beragam makanan, antara lain sayuran hijau (brokoli, bhok coy, bayam), almond, sarden, dan susu beserta produk turunannya.

Susu dikenal dengan sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Bagi Anda yang kini berusia 30 tahun, sebaiknya mengonsumsi Entrasol susu.

Masukkan Entrasol ke dalam menu harian Anda karena mengandung nutrisi lengkap dan seimbang, sehingga membantu memenuhi nutrisi harian. 

Entrasol dilengkapi Hytolive sebagai antioksidan alami, P-Bone untuk menjaga kepadatan tulang, Omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sendi, Hi-Fiber untuk menjaga kesehatan pencernaan, serta kandungan 10 vitamin dan 5 mineral. 

Entrasol membantu memenuhi kecukupan gizi, khususnya Anda yang berumur 30 tahun ke atas sehingga produktivitas tetap terjaga. 

Masih ragu karena khawatir berat badan naik akibat minum susu? Jangan takut. Entrasol lebih sedikit mengandung lemak sehingga tak akan membuat berat badan melonjak. Jangan tunda lagi, minum Entrasol setiap hari agar tetap sehat dan bugar. Manfaat Entrasol akan makin optimal jika Anda juga rutin berolahraga minimal 30 menit, tiga kali dalam seminggu.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id