Rasa Lelah Jangan Dibiarkan, Atasi dengan 7 Cara Ini
Kelelahan yang tak tertangani dengan baik dapat mengganggu produktivitas dan menurunkan kinerja (Foto:Shutterstock)
Jakarta: Kelelahan menjadi keluhan umum sebagian besar orang, terutama mereka yang mulai memasuki usia 30-an. Jika terus dibiarkan, kelelahan yang tak tertangani dengan baik dapat mengganggu produktivitas dan menurunkan kinerja.

Bila Anda merasa sering kelelahan, ada tujuh cara untuk mengatasinya seperti dilansir Webmd.

1. Pemeriksaan Medis


Kelelahan merupakan bagian dari gejala umum dari sejumlah penyakit, seperti diabetes, jantung, radang sendi, anemia, penyakit tiroid, dan apnea tidur. Beberapa obat yang biasanya diresepkan dokter yakni obat tekanan darah, anthistamin, diuretik, dan lainnya. Jika Anda merasakan rasa kelelahan yang tidak wajar, seperti selalu merasa lelah setiap hari, segera konsultasikan dengan dokter.

2. Aktif Bergerak

Orang yang jarang bergerak cenderung lebih cepat merasa lelah. Penelitian menunjukkan aktivitas fisik meningkatkan level energi. "Orang yang aktif bergerak memiliki rasa percaya diri lebih besar. Namun, olahraga juga meningkatkan efisiensi kerja jantung, paru-paru, dan otot," ujar Kerry J Stewart, Profesor Kedokteran dan Direktur Fisiologi Latihan Klinis dan Penelitian di Johns Hopkins University School of Medicine.

3. Minum Air Putih

"Dehidrasi membuat atlet sulit menyelesaikan sesi latihannya. Sangat masuk akal bila dehidrasi memicu seseorang menjadi cepat lelah, meskipun dia hanya mengerjakan pekerjaan rumah," ujar Dan Judelson, Asisten Profesor Kinesiologi di California State University di Fullerton. Dia mengingatkan bahwa dehidrasi juga berdampak pada turunnya konsentrasi.

4. Yoga

Yoga sangat efektif untuk meningkatkan energi. Seorang sukarelawan dalam penelitian di Inggris melaporkan peningkatan dalam berpikir jernih, energi, dan kepercayaan diri setelah mengikuti kelas yoga selama enam minggu (sekali seminggu).

5. Cukup Tidur

Kurang tidur merupakan sumber utama kelelahan sepanjang hari dan meningkatkan risiko kecelakaan. Kebiasaan tidur yang baik selama delapan jam per hari mampu mengurasi rasa kelelahan.

Begitu juga dengan tidur siang. Namun, tidur siang dianjurkan tidak lebih dari 30 menit. Bangun tidur siang, lalu menyeduh secangkir kopi dapat meningkatkan energi Anda.

6. Atur Porsi Makanan

Sesuaikan porsi makanan sesuai dengan aktivitas Anda setiap hari. Jangan sampai berlebihan untuk menghindari penambahan berat badan. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi agar menghasilkan tenaga lebih maksimal.

7. Mengonsumsi Minyak Ikan

Minyak ikan mengandung Omega 3 yang baik untuk jantung dan meningkatkan kewaspadaan. Menurut studi yang dilakukan ilmuwan di Universitas Siena Italia pada 2009, relawan yang mengonsumsi kapsul minyak ikan selama 21 hari menunjukkan reaksi mental lebih cepat dan merasakan badan lebih kuat.

Kandungan Omega 3 juga dapat ditemukan dalam Entrasol Susu. Omega 3 dan 6 dalam Entrasol baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sendi. Entrasol juga mengandung nutrisi lengkap dan seimbang yang bagus untuk diminum oleh seseorang yang berusia 30 tahun ke atas dalam meningkatkan energi.

Tak hanya itu, Entrasol pun mengandung Hytolive (Ekstrak Buah Zaitun) yang bermanfaat sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit jantung koroner, serta anti-inflmasi yang dapat membantu mengatasi nyeri pada radang sendi atau arthritis.

Zaitun juga berperan sebagai antimikroba yang membantu menjaga daya tahan tubuh. Dapat memperlambat proses penuaan dini dengan melindungi sel-sel dari oksidasi berlebih, dan membantu menjaga kesehatan kulit.

Entrasol mengandung P-Bone (High Calcium, High Vit D dan Magnesium) kombinasi sinergis vitamin dan mineral untuk menjaga kepadatan tulang, kandungan 10 vitamin dan 7 mineral. Entrasol cocok untuk melengkapi nutrisi harian Anda.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id