Menurut lembar fakta Nestlé Health Science, malnutrisi pada lansia dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan penurunan kekebalan tubuh. (Foto: Pexels)
Menurut lembar fakta Nestlé Health Science, malnutrisi pada lansia dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan penurunan kekebalan tubuh. (Foto: Pexels)

4 Manfaat Pemberian Suplementasi Nutrisi Oral (ONS) pada Lansia

Rona malnutrisi pada lansia
Kumara Anggita • 14 November 2019 16:00
Jakarta: Salah satu faktor yang dapat membuat para lansia semakin mudah jatuh sakit adalah malnutrisi. Kesalahan dalam memberikan asupan gizi pada lansia bisa berujung pada komplikasi.
 
Untuk menghindari hal ini terjadi, dari sekarang Anda bisa mulai menerapkan pemberian suplementasi nutrisi oral. Berikut empat manfaat yang dipaparkan oleh Dokter Spesialis Geriatri, Purwita Wijaya Laksmi:
 
-Meningkatkan asupan energi dan zat gizi pada pasien lansia
Analisa dari Chocrane membuktikan pemberian ONS dapat meningkatkan asupan energi dan zat gizi pada lansia dalam 29 dari 33 penelitian yang dianalisa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


-Memperbaiki rata-rata survival (guidline ESPEN)
Meta-anlisa dari 33 penelitian RCT (Randomized Controlled Trial) pemberina ONS menurunkan risiko mortalitas pada pasien lansia vs kontrol.
 
-Mempertankan dan memperbaiki status gizi (ESPEN Guidline)
Pemberian ONS memberikan dampak positif pada status gizi dan tidak tergantung dari berbagai diagnosis penyakit yang ditegakkan.
 
-Mencegah kehilangan berat badan ketika asupan makanan biasa tidak mencukupi
Dari 34 penelitian RCT menunjukkan bahwa pemberian ONS meningkatkan berat badan sebesar 2.3 persen.
 
Menurut lembar fakta Nestlé Health Science, malnutrisi pada lansia dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi, penurunan kekebalan tubuh, menurunkan kemampuan tubuh untuk penyembuhan luka, sakoropenia, dan frailty syndrome. Anda yang memiliki anggota keluarga lansia pasti tak mau hal ini terjadi.
 
Karena itu, Anda sebagai keluarga bisa ikut membantu menjaga keseimbangan kondisi mental, fisik, dan sosial para lansia. Dari sekarang pedulikanlah para lansia agar mereka bisa tetap sehat, aktif, produktif, dan tentunya yang paling penting bahagia.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif