Nyeri pada lutut tentu akan sangat menggangggu aktivitas sehari-hari.(Ilustrasi/Pexels)
Nyeri pada lutut tentu akan sangat menggangggu aktivitas sehari-hari.(Ilustrasi/Pexels)

Cara Cepat Mengatasi Nyeri di Lutut

Rona nyeri
Raka Lestari • 30 November 2019 06:05
Jakarta: Nyeri pada lutut tentu akan sangat menggangggu aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri tersebut membuat Anda akan merasa tidak nyaman, sehingga tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik.
 
Untuk mengatasinya, Anda bisa memeriksakan diri ke terapis fisik untuk mengobatinya. Namun untuk pertolongan pertama, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menguranginya.
 
Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi nyeri lutut, seperti dilansir Thehealthy:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menggunakan es
 
Nyeri di bagian dalam lutut, disebut medial knee pain yang biasanya disebabkan oleh arthritis bursitis, dan otot keseleo. Cara paling sederhana untuk mengurangi rasa sakitnya adalah mengompres dengan es.
 
“Oleskan es batu di area lutut selama 10-15 menit dengan menggunakan kain tebal atau handuk karena rasa dingin dapat membantu,” saran Karena Wu, seorang terapis fisik dan pemilik ActiveCare Physical Therapy di New York.
 
Memijatnya
 
Meskipun tidak sebaik pijatan profesional, Wu merekomendasikan Anda untuk memijat lutut sendiri menggunakan tangan atau alat bantu pijat dan kemudian pijat bagian dalam dan belakang paha Anda.
 
“Otot adduktor (paha dalam) dan medial hamstring (belakang paha) terhubung ke bagian dalam lutut dengan melepaskan jaringan lunak ini akan membantu mengurangi kekuatan tekan di lutut medial,” terangnya.
 
Melakukan peregangan hamstring
 
Peregangan ini bisa dilakukan dengan duduk di lantai dengan kaki lurus di depan Anda. "Pastikan bahumu tetap lurus di atas kakimu," kata Wu.
 
Keudian, usahakan agar kedua kaki Anda sejajar ketika Anda membungkuk. “Melakukan peregangan hamstring dapat mengurangi kompresi dan dengan membungkuk dapat memperbaiki postur persendian lutut. Lakukan peregangan ini selama minimal 30 detik dan ulangi hingga tiga kali,” terangnya.
 
Gunakan salep pereda nyeri
 
Meskipun bukan solusi jangka panjang, koyo, balsam, atau salpe pereda nyeri yang banyak dijual di pasaran dengan sensasi dingin dan panas tersebut bisa membantu untuk mengatasi nyeri pada lutut.
 
“Sensasi panas dan dingin ini memberikan kenyamanan lebih dibandingkan rasa sakit dan akan tercatat di otak Anda lebih cepat dibandingkan rasa sakit,” ujar Wu. “
 
Menurutnya krim topical tersebut bekerja dengan menipu otak Anda untuk merasakan sensasi baru ini. "Sehingga mengurangi persepsi rasa sakit Anda,” tutupnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif