Konsumsi sayuran dan buah (vitamin dan mineral) tentu diperlukan, hanya saja yang perlu diingat adalah untuk tetap menjaga konsumsi gizi secara seimbang. (Foto Ilustrasi: Pexels)
Konsumsi sayuran dan buah (vitamin dan mineral) tentu diperlukan, hanya saja yang perlu diingat adalah untuk tetap menjaga konsumsi gizi secara seimbang. (Foto Ilustrasi: Pexels)

Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19

Rona Virus Korona virus corona covid-19
A. Firdaus • 28 Maret 2020 12:36
Jakarta: Dunia tengah menghadapi ancaman kesehatan global yang disebabkan penyebaran virus korona atau covid-19. Menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan, serta membatasi aktivitas di luar rumah, menjadi upaya pencegahan yang dipercaya mampu membantu menekan angka penyebaran virus.
 
Perlu diketahui, virus merupakan makhluk hidup berukuran mikro atau bisa disebut mikroorganisme yang hanya bisa hidup jika memiliki inang. Seperti halnya manusia atau hewan.
 
Pada saat virus menemukan inangnya, virus akan menjelajah masuk ke dalam sel tubuh manusia dan dapat merusak sel tubuh. Di sinilah imunitas tubuh dibutuhkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Imunitas atau sistem kekebalan berperan sebagai barrier yang berfungsi untuk menahan tubuh dari serangan berbagai virus," ujar dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp, GK, selaku spesialis gizi klinik.
 
Jika sistem kekebalan tubuh kita baik, masih menurut dr. Diana, virus memang tetap ada di dalam tubuh kita, hanya saja virus tersebut bersifat dormant atau tertidur. Untuk memperkuat imunitas tubuh, tentunya kita harus disiplin dalam memilih asupan.
 
"Asupan yang baik bukan hanya dari buah dan sayur, tetapi juga protein. Protein khususnya dibutuhkan untuk orang-orang yang ingin menaikan sistem kekebalan tubuhnya," terang dr. Diana.
 
"Konsumsi sayuran dan buah (vitamin dan mineral) tentu diperlukan, hanya saja yang perlu diingat adalah untuk tetap menjaga konsumsi gizi secara seimbang. Contohnya, di dalam piring harus mencakup karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin, dan mineral," pungkasnya.
 
Ditambahkan oleh dr. Diana, terkait penyebaran virus korona, bukan hanya dari dalam tubuh. Rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan, rutin berolahraga, serta istirahat cukup juga berperan penting dalam mencegah penyebaran virus dan bakteri berbahaya bagi kesehatan.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif