Makanlah untuk kebutuhan zat gizi dan juga berpikir bahwa kenikmatan sebagai tambahan. (Foto: Pexels)
Makanlah untuk kebutuhan zat gizi dan juga berpikir bahwa kenikmatan sebagai tambahan. (Foto: Pexels)

Ini Perbedaan Kebutuhan Gizi Orang Dewasa dengan Anak-anak

Rona gizi gaya
Kumara Anggita • 06 November 2019 10:11
Jakarta: Banyak orang yang sudah makan enak dan mengenyangkan, tapi tetap saja belum memenuhi kebutuhan gizinya. Ini karena kurangnya pengetahun tentang apa yang seharusnya dimakan dan apa yang seharusnya dihindari.
 
Untuk hal yang tak diinginkan terjadi, Ahli Nutrisi, Dokter Rita Ramayulis mengungkapkan bahwa, hal yang perlu diingat setiap kali makan adalah menyadari isi piring Anda. Makanlah untuk kebutuhan zat gizi dan juga berpikir bahwa kenikmatan sebagai tambahan.
 
Isi piring Anda harus terdiri dari empat komponen bahan. Yaitu ada kelompok sumber karbohidrat, sumber protein hewani atau nabati, dan kelompok sayuran serta buah-buahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau kita selalu menerapkan itu setiap kali waktu makan maka kemungkinan besar kebutuhan fisik kita terpenuhi, tinggal bagaimana kita meminimalkan radikal bebas dengan tidak mengonsumsi makanan jelek secara berlebihan,” tuturnya dalam acara media bertajuk Your Eyes Will Thank You di Jakarta.
 
Sementara, untuk anak-anak kebutuhannya berbeda lagi. Mereka harus mengonsumsi makanan yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur atau buah, dan juga lemak esensial.
 
“Usia enam bulan hingga satu tahun itu adalah masa pembentukan seluruh organ tubuh. Dia sedang mengalami pertumbuhan mata paling besar, termasuk kesehatan mata sendiri. Ini dikenal dengan Mpasi Plus. Jadi artinya ada empat bintang di dalamya yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati, (kalau dewasa tadi bisa pilih ya, kalau anak-anak harus dua-duanya) dan sayur dan atau buah,” jelas Dokter Rita.
 
“Lalu ada plusnya, yaitu dapat lemak esensial. Ini didapat dari minyak kelapa sawit, olive oil, atau minyak jagung atau minyak kelapa yang tidak dipanaskan tentunya, apalagi minyak jelantah (tidak boleh),” lanjutnya.
 
Jadi dari sekarang perhatikan apa saja yang Anda makan dan minum. Pastikan setiap harinya, Anda mengonsumsi hal-hal yang memenuhi gizi bukan sekedar untuk memuaskan diri saja. Dengan memenuhi gizi seimbang, Anda akan mendapatkan badan yang sehat dan optimal. Selamat hidup sehat!
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif