Berikut ini adalah gejala kanker usus besar seperti yang dialami oleh Chadwick Boseman, pemeran utama dalam film Black Panther. (Foto: Dok. Instagram Chadwick Boseman/@chadwickboseman)
Berikut ini adalah gejala kanker usus besar seperti yang dialami oleh Chadwick Boseman, pemeran utama dalam film Black Panther. (Foto: Dok. Instagram Chadwick Boseman/@chadwickboseman)

Gejala Kanker Usus Besar

Rona kanker usus besar Chadwick Boseman
Kumara Anggita • 31 Agustus 2020 14:04
Jakarta: Artis Black Panther, Chadwick Boseman telah meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya yaitu kanker usus besar. Penyakit ini cukup sulit dideteksi karena gejalanya tidak langsung kelihatan.
 
Dikutip dari Mayo Clinic, beberapa gejala kanker usus besar antara lain perubahan buang air besar. Munculnya perubahan terus-menerus dalam kebiasaan buang air besar Anda, termasuk diare atau sembelit atau perubahan konsistensi tinja.
 
Selain itu muncul darah di tinja. Anda akan mengalami pendarahan rektal atau darah di tinja Anda. Dan beberapa perubahan lainnya adalah:

1. Perut tidak nyaman

Anda akan merasakan ketidaknyamanan perut yang terus-menerus, seperti kram, gas, atau nyeri.

2. Merasa usus tidak kosong 

Anda memiliki perasaan bahwa usus Anda tidak kosong sepenuhnya.

3. Mudah lelah

Orang dengan penyakit ini akan merasa lemah dan lelah.

4. Berat badan turun 

Terjadinya penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak penderita kanker usus besar tidak mengalami gejala pada tahap awal penyakit. Ketika gejala muncul, kemungkinan besar akan bervariasi, tergantung pada ukuran dan lokasi kanker di usus besar Anda.
 
Dokter merekomendasikan tes skrining rutin untuk membantu mencegah kanker usus besar. Di sini dokter aka nmengidentifikasi dan menghilangkan polip sebelum berubah menjadi kanker.
 
da baiknya Anda langsung berkonsultasi ke dokter Anda jika ada beberapa tanda di tubuh Anda seperti di atas.
 
(TIN)


social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif