NEWSTICKER
    ?Tanda awal kehamilan yang mirip dengan gejala menstruasi membuat calon ibu terkecoh. Ilustrasi Freepik
    ?Tanda awal kehamilan yang mirip dengan gejala menstruasi membuat calon ibu terkecoh. Ilustrasi Freepik

    Dear Bunda, Ini Ciri-ciri Kehamilan yang Tidak Disadari

    Rona kehamilan kesehatan reproduksi ibu hamil
    Medcom • 27 November 2022 10:08
    Jakarta: Pada usia awal kehamilan, dibutuhkan perawatan yang terbaik bagi si calon ibu. Sayangnya, banyak wanita yang terlambat menyadari dirinya sedang mengandung. 
     
    Tanda awal kehamilan yang mirip dengan gejala menstruasi membuat calon ibu terkecoh. Misalnya adalah payudara yang terasa membengkak, dan rasa kram di perut.  
     
    Umumnya tanda awal kehamilan bisa dirasakan pada waktu 1 sampai 2 minggu setelah telat masa menstruasi. Berikut adalah ciri-ciri kehamilan yang tidak disadari, simak informasinya di bawah ini ya Sobat Medcom! 

    Ciri-ciri kehamilan yang tidak disadari 

    Perut akan terasa kembung 


    Gejala kehamilan di usia muda mirip dengan menstruasi. Calon ibu akan merasakan perut kembung karena adanya perubahan hormon di tubuh sang ibu. Sistem pencernaan akan bergerak lebih lambat, sehingga terjadi perut kembung dan konstipasi.

    Morning sickness


    Morning sickness merupakan rasa mual dan muntah yang dirasakan oleh calon ibu. Tidak sesuai dengan namanya, morning sickness bisa terjadi pagi, siang, sore, atau pun malam. Rasa mual dan muntah ini akan bertahan hingga memasuki minggu ke 9, dan perlahan menghilang pada trimester kedua. 

    Kram perut dan ada bercak darah


    Ciri satu ini mirip dengan gejala menstruasi, maka dari itu sulit untuk membedakannya. Pada masa kehamilan, bercak darah bisa muncul karena adanya proses sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan dinding rahim. Jika terjadi lebih dari 3 hari, calon ibu harus segera periksa ke dokter. 
     
    Baca: Jangan Ragu, Ketahui Alasan Pentingnya Melakukan USG Sebelum Hamil
     

    Payudara terlihat membesar


    Perubahan hormon pada tubuh calon ibu akan membuat payudara terlihat berubah. Payudara akan terlihat membesar dan terasa lebih lembut. Warna aerola akan berubah menjadi lebih gelap, dan puting menjadi lebih besar dari biasanya. 

    Mudah lelah


    Pada tubuh calon ibu, hormon progesteron akan meningkat dan tubuh akan terasa lebih lelah dan mengantuk. Karena pada trimester pertama tubuh bekerja lebih keras untuk memproduksi darah. Maka dari itu penting bagi calon ibu untuk istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi. 

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


    Mulut terasa aneh
     
    Pada awal kehamilan, calon ibu cenderung tidak menyukai makanan tertentu. Hal ini dikarenakan perubahan hormon dalam tubuh yang membuat mulut terasa seperti logam. Meskipun begitu, calon ibu harus tetap mengonsumsi makanan bergizi agar nutrisi anak tercukupi dengan baik. 

    Mood cepat berubah


    Hormon estrogen dan progesteron akan meningkat selama kehamilan dan membuat suasana hati calon ibu menjadi lebih sensitif. Dibutuhkan perhatian ekstra dan kehati-hatian ketika menghadapi ibu hamil agar tidak membuat moodnya menjadi buruk. 
     

    Jika Sobat Medcom merasakan ciri-ciri di atas, Anda bisa melakukan tes kehamilan di rumah dengan menggunakan test pack. Jika hasilnya positif, Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, karena masa awal kehamilan butuh perawatan yang tepat untuk ibu dan bayi. (Tamara Pramesti Adha Cahyani) 
     
    (SUR)


    social
    FOLLOW US

    Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

    Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

    unblock notif