Ilustrasi- Pexels
Ilustrasi- Pexels

Mitos Penanganan Menstruasi

Rona Sindrom Pramenstruasi (PMS)
Sunnaholomi Halakrispen • 11 Oktober 2019 11:13
Jakarta: Nyeri ketika haid atau menstruasi bisa membuat tidak nyaman bahkan sangat menyakitkan bagi sebagian perempuan. Beragam cara pun dilakukan agar bisa mengurangi rasa nyeri itu.
 
Salah satunya, membungkukkan badan, tidur, atau menaikkan kaki ke tembok. Karena masih banyak mitos yang tersebar, dr. Grace Valentine, Sp. OG selaku Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di RS Pondok Indah-Puri Indah, menjabarkannya.
 
"Hingga saat ini belum ada studi yang menunjukkan bahwa perubahan posisi tubuh dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan," ujar dr. Grace kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara medis atau pendidikan kedokteran, belum dipastikan kebenarannya alias informasi tersebut merupakan mitos. Lalu, tersebar juga informasi bahwa melakukan pijatan di bagian perut bisa mereda sakit.
 
Kemudian dr. Grace mengatakan, pijatan di bagian perut boleh dilakukan saat menstruasi. Tapi, tentunya dengan syarat tertentu.
 
“Pijat di bagian perut atau pinggang pada saat nyeri haid boleh dilakukan asalkan pijatan yang dilakukan adalah pijatan ringan,” paparnya.
 
Umumnya bila dikombinasikan dengan kompres hangat, cukup efektif untuk meredakan kram perut yang dirasakan saat haid. Bila perlu, luangkan waktu untuk beristirahat.
 
Bisa juga melakukan olahraga dengan intensitas ringan, seperti yoga dan peregangan otot. Namun, jika nyeri tidak juga membaik atau bahkan semakin memberat dan mengganggu aktivitas, lakukan upaya lain.
 
“Atau bertahan hingga lebih dari tiga hari, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan Dokter,” pungkasnya.
 
Nantinya, dokter yang memeriksa dapat mengetahui bagaimana kondisi Anda hingga detail. Mungkin akan diberikan resep obat pereda nyeri dan atau treatment yang tepat sesuai dengan keadaan tubuh Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif