<i>Golden Periode</i> Dapat Menyelamatkan Seseorang dari Stroke
Ilustrasi. (Thinkstock)
Jakarta: Dokter Spesialis Saraf Salim Haris mengatakan stroke bukanlah penyakit yang datang tiba-tiba melainkan ada yang memicu. Penyakit stroke bisa dialami oleh siapa saja terutama mereka yang mengalami masalah pada pembuluh darah.

Penyakit stroke, kata Salim, bukan tidak bisa dicegah. Ada penanganan khusus yang harus dilakukan seseorang saat gejala stroke pertama kali menyerang, penanganan ini disebut dengan golden periode

American Heart Association memberikan batas waktu maksimal 3 sampai 4,5 jam secara umum untuk langsung membawa pasien penderita stroke saat mengalami gejala pertama kali. Gejala stroke bisa diawali dengan kesulitan berjalan, berbicara, kelumpuhan, atau mati rasa pada wajah, lengan, atau tungkai.


"Khusus Jepang, Korea, dan Indonesia batas golden periode itu 6 jam. Pasien diharapkan tiba di rumah sakit satu jam paling lambat dari kejadian untuk melaksanakan CT scan, pemeriksaan darah, termasuk penyuntikan obat sehingga pememulihannya bisa cepat dan menekan risiko mengalami kecacatan," ujar Salim, dalam Newsline, Selasa, 8 Mei 2018.

Salim mengungkan stroke bisa dicegah asal ditangani dengan tepat dan cepat. Pemberian obat juga dapat menekan faktor risiko penderita stroke berulang.

Kuncinya, kata Salim, jangan menunggu ketika seseorang mulai menunjukkan gejala stroke. Pastikan rumah sakit yang didatangi memiliki fasilitas CT scan agar penanganannya bisa dilakukan secara cepat.

"Kira obati faktor risikonya agar tidak berulang dan kalau sudah terkena stroke kita berikan obat-obatan dengan tujuan memberi harapan agar tidak kembali terserang stroke," jelas Salim.





(MEL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360