Berikut ciri-ciri umum yang biasa ditemui ibu hamil saat awal trimester kehamilan atau saat hamil muda. (Foto: Pexels.com)
Berikut ciri-ciri umum yang biasa ditemui ibu hamil saat awal trimester kehamilan atau saat hamil muda. (Foto: Pexels.com)

Ciri-ciri Hamil Muda

Rona kehamilan
Kumara Anggita • 28 Februari 2019 19:14
Bagi Anda yang baru menjalani kehamilan pertama kali pastinya timbul beberapa hal baru. Misalnya morning sickness atau mual muntah, merasa cepat lelah, atau perubahan emosi yang drastis. Ini wajar terjadi pada Anda yang sedang hamil muda. Tak perlu cemas, mintalah dukungan dari orang yang Anda percayai.
 

Jakata:
Beberapa orang tidak menyadari mengalami perubahan badan dan juga emosi saat sedang hamil muda. Padahal bila sang ibu memahami kondisinya, dia bisa melakukan hal-hal tertentu yang membuatnya menjadi merasa jauh lebih nyaman.
 
Berikut ciri-ciri umum yang biasa ditemui ibu hamil saat awal trimester kehamilan atau saat hamil muda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Perubahan payudara
 
Setelah pembuahan, perubahan hormon membuat payudara menjadi sensitif dan nyeri. Ada pula perubahan pada payudara menjadi lunak dan bengkak. Rasa semacam ini akan berkurang seiring dengan waktu.
 
2. Mual dan muntah
 
Perasaan mual dan bahkan muntah muncul ketika satu bulan setelah hamil. Hal ini terjadi pada kondisi hamil muda karena kadar hormon naik. Sebaiknya Anda tidak membiarkan perut Anda dalam keadaan kosong. Makan secukupnya yang rendah lemak dan minum banyak cairan.
 
3. Sering buang air kecil
 
Masa awal kehamilan membuat Anda ingin terus buang air kecil dibanding biasanya. Jumlah darah dalam tubuh Anda meningkat selama kehamilan sehingga ginjal Anda memproses cairan ekstra yang berakhir pada buang air kecil yang banyak.
 
(Baca juga: Tanda Bahaya pada Kehamilan Trimester Pertama)
 

Ciri-ciri Hamil Muda
(Perasaan mual dan bahkan muntah muncul ketika satu bulan setelah hamil. Hal ini terjadi pada kondisi hamil muda karena kadar hormon naik. Sebaiknya Anda tidak membiarkan perut Anda dalam keadaan kosong. Makan secukupnya yang rendah lemak dan minum banyak cairan. Foto: Pexels.com)
 

4. Merasa lelah
 
Kadar hormon progresteron meningkat sehingga Anda mudah tertidur. Pada masa ini, Anda sebaiknya istirahat dan dibarengi dengan makan sehat dan olahraga yang teratur.
 
5. Malas makan
 
Ketika hamil, penciuman menjadi lebih sensitif terhadap bau sementara indra perasa berubah. Alhasil Anda jadi malas untuk makan. Apalagi di trimester awal atau saat Anda hamil muda.
 
6. Mulas
 
Hormon kehamilan membuat pelemasan pada katup antara perut dan kerongkongan. Hal ini membuat asam lambung bocor ke kerongkongan sehingga terjadi mulas. Pada saat ini terjadi, Anda bisa menghindari makanan yang digoreng, jeruk, cokelat, dan makanan pedas.
 
7. Sembelit
 
Kadar hormon progesteron yang tinggi memperlambat proses makanan melalui sistem pencernaan Anda sehingga menyebabkan sembelit. Untuk meredakan masalah saat hamil muda ini, sebaiknya Anda konsumsi makanan berserat dan banyak cairan.
 
8. Perubahan emosi
 
Kehamilan bisa membuat Anda merasakan hal-hal secara bersamaan. Anda bisa merasa senang, cemas, semangat, dan lelah. Suasana hati Anda saat hamil muda berubah-ubah. Saat ini terjadi kala Anda hamil muda, tidak perlu cemas karena ini adalah hal yang normal. Mintalah dukungan dari orang yang Anda percayai.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif