Daging ayam panggang mengandung sebanyak 312 kalori dan 29 gram karbohidrat. (Foto: Ilustrasi/Pexels)
Daging ayam panggang mengandung sebanyak 312 kalori dan 29 gram karbohidrat. (Foto: Ilustrasi/Pexels)

4 Menu Terbaik untuk Penderita Diabetes

Rona diabetes
Sunnaholomi Halakrispen • 13 Januari 2020 14:29
Jakarta: Seimbangkan pilihan Anda. Ketika Anda menderita diabetes tipe 2, Anda perlu makan campuran protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Jadi, apa saja makan malam yang seimbang dan sarapan yang kuat?
 
Beberapa makanan berikut in idapat membantu Anda membuat pilihan yang lebih baik. Sebagian orang merasa terbantu menjaga pola makan dengan menghitung karbohidrat. Ingat juga rekomendasi makanan dari dokter atau ahli gizi Anda.

1. Daging sapi dan kacang hitam

Hitungannya, ialah 443 kalori dan 48 gram karbohidrat. Daging sapi tanpa lemak dan kacang hitam menjadikan hidangan khas Meksiko ini pilihan yang baik untuk diet diabetes.
 
Serat dalam kacang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengontrol gula darah. Ditambah dengan makan sayuran yang banyak dan sedikit keju.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nikmatilah 10 keripik jagung kecil atau sekitar satu ons ditemani sedikit guacamole. Saus khas Meksiko ini berbahan buah alpukat dicampur dengan garam dan sedikit perasan lemon. Campuran tersebut aman untuk penderita diabetes.

2. Udang

Hitungannya, mengandung 369 kalori dan 48 gram karbohidrat. Udang rendah lemak dan juicy, ditambah saus tomat matang, menjadikan hidangan ini disukai banyak orang.
 
Anda bisa menambahkan keju feta yang memiliki rasa kuat dengan sepertiga lebih sedikit lemak daripada keju keras. Keju ini tentunya akan aman untuk penderita diabetes.

3. Daging ayam panggang

Hitungannya, mengandung sebanyak 312 kalori dan 29 gram karbohidrat. Ayam panggang pun mudah dibuat. Sajikan setengah cangkir daging dada ayam, buang kulitnya.
 
Tambahkan ubi dan asparagus untuk hidangan yang super bergizi. Tambahkan juga kentang yang kaya akan serat dan vitamin A. Kentang sangat manis secara alami, maka jangan tambahkan gula.
 
Agar hidangan Anda semakin lezat, tambahkan taburan kayu manis. Rempah-rempah ini dapat membantu mengelola kadar gula darah Anda.

4. Ikan bakar dan sayuran

Hitungannya, mengandung 456 kalori serta 48 gram karbohidrat. Dua menu ini merupakan makanan super untuk penderita diabetes dan juga untuk siapa pun.
 
Cara mengolahnya, dimulai dengan ikan bakar atau panggang. Tentunya, Anda tidak perlu bahkan disarankan untuk tidak menambahkan minyak, mentega, margarin, maupun butter.
 
Temani ikan bakar dan sayuran Anda ini dengan jagung bakar. Terdapat keseimbangan nutrisi penting bagi penderita diabetes, yakni protein, serat, dan lemak.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif