Ketika pria memiliki kulit yang cenderung berminyak, gunakanlah sabun wajah yang termasuk kategori oil free..(Ilustrasi/Pexels)
Ketika pria memiliki kulit yang cenderung berminyak, gunakanlah sabun wajah yang termasuk kategori oil free..(Ilustrasi/Pexels)

Tips Perawatan Kulit untuk Pria

Rona kesehatan kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 17 Januari 2020 15:03
Jakarta: Penuaan dini tidak hanya terjadi pada wanita, tapi juga bisa terjadi pada pria. Bahkan, pria dinilai lebih aktif baik di dalam maupun di luar ruangan serta lebih rentan terpapar radikal bebas, dibandingkan dengan perempuan.
 
"Yang paling wajib untuk semuanya, baik pria maupun wanita, selalu gunakan sunscreen minimal (yang memiliki sun protection factor) SPF 30," ujar dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) di The Hermitage, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Januari 2020.
 
Penggunaan SPF 30 itu sangat cocok bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di negara dengan iklim tropis. Sebab, bisa dikatakan bahwa matahari bersinar sepanjang tahun dan paparan polusi udara yang berlimpah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kedua, bersihkan wajah, paling tidak dua kali sehari. Gunakan sabun wajah sesuai jenis kulit. Tapi memang ada sebagian pria yang kulitnya berminyak," jelasnya.
 
Penggunaan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit sangat berdampak. Ketika pria memiliki kulit yang cenderung berminyak, gunakanlah sabun wajah yang termasuk kategori oil free.
 
"Lalu, hal wajib lainnya gunakan pelembap untuk menghindari kekeringan, apalagi kalau kerjanya outdoor," paparnya.
 
Meskipun berativitas di dalam ruangan atau indoor, dr. Haekal menyampaikan bahwa kulit para pria juga rentan kering. Sebab, kulit terpapar AC. "Kan membuat kulit kering makanya dia juga harus menggunakan pelembap," tuturnya.
 
Pria juga biasanya kurang memerhatikan kondisi kulitnya. Sedangkan, para perempuan terbilang rutin memeriksa dan melakukan perawatan yang intens terhadap kulit di wajah mereka.
 
Penyebab lainnya, pria cenderung lebih banyak menghadapi stres. Meskipun, wanita terlihat lebih sering mengeluh bahkan marah sebagai pelampiasan emosi kekesalannya terhadap suatu hal.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif