Mana yang lebih baik, minyak samin atau mentega? Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)
Mana yang lebih baik, minyak samin atau mentega? Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)

Minyak Samin atau Mentega, Mana yang Lebih Baik?

Rona kesehatan
Raka Lestari • 20 Juni 2019 08:30
Chandradhar Dwivedi, professor emeritus of pharmacologydi South Dakota State University mengatakan minyak samin adalah sumber vitamin E, vitamin A, antioksidan dan senyawa organik lainnya. Tapi banyak zat yang akan rusak atau hancur jika direbus pada suhu yang lebih tinggi.
 
 
Jakarta:
Minyak samin atau ghee dalam bahasa India merupakan jenis mentega yang sering digunakan dalam masakan India dan Timur Tengah. Secara tradisional, minyak samin dibuat dengan cara memanaskan mentega dari susu sapi secara perlahan sampai kandungan airnya menguap dan kandungan susu padat dapat dipisahkan dan disaring sehingga hanya menyisakan lemak cair. 
 
"Clarified butter sangat mirip dengan minyak samin tetapi terkadang dibuat menggunakan panas tinggi, sedangkan minyak samin dididihkan pada suhu 100 derajat atau kurang," kata Chandradhar Dwivedi, professor emeritus of pharmacologydi South Dakota State University. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meskipun minyak samin membutuhkan waktu lebih lama dalam proses pembuatannya, namun minyak samin memertahankan lebih banyak vitamin dan nutrisi karena proses pembuatannya yang menggunakan api kecil. 
 
Dwivedi menambahkan, "Secara khusus, minyak samin adalah sumber vitamin E, vitamin A, antioksidan dan senyawa organik lainnya. Banyak zat yang akan rusak atau hancur jika direbus pada suhu yang lebih tinggi." 
 
Minyak Samin atau Mentega, Mana yang Lebih Baik?
(Minyak mengandung sumber vitamin E, vitamin A, antioksidan dan senyawa organik lainnya. Tapi banyak zat yang akan rusak atau hancur jika direbus pada suhu yang lebih tinggi.
Foto: Courtesy of Time)

 
Selain untuk masakan, pada zaman dahulu minyak samin digunakan sebagai pengobatan di India. 
 
"Minyak samin juga digunakan sebagai pengobatan herbal. Hal ini karena minyak samin dianggap suci dan ketika dijadikan sebagai obat-obatan, Anda bisa mendapatkan manfaat medis dan juga manfaat spiritual." 
 
Meskipun begitu, tidak banyak bukti kuat yang menunjukkan bahwa minyak samin lebih sehat daripada mentega bentuk lain.
 
"Anggapan bahwa minyak samin memiliki manfaat kesehatan khusus tidak berdasar," ujar Dr Rosalind Coleman, seorang profesor nutrisi di  University of North Carolina Gillings School of Global Public Health.
 
Ia menambahkan bahwa minyak samin mungkin lebih mudah dicerna oleh orang dewasa yang intoleransi laktosa. 
 
"Minyak samin juga memiliki smoke point yang lebih tinggi dibandingkan mentega biasa sehingga membuat minyak samin lebih sehat untuk dimasak," ujar Coleman. 
 
Tetapi hal yang sama berlaku untuk clarified butter. "Antara clarified butter dan minyak samin memiliki lemak yang sama, sehingga penggunaan keduanya dalam jumlah moderat masih bisa dilakukan." 
 
Ini menunjukkan bahwa jika Anda sehat dan ingin menambah lebih banyak lemak dalam diet Anda, minyak samin mungkin pilihan yang baik namun tidak sampai menggantikan lemak lainnya untuk memasak dalam makanan Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif