Orang Kreatif Cenderung Tak Termotivasi oleh Uang

Sri Yanti Nainggolan 11 Juli 2018 18:08 WIB
psikologistudi kesehatan
Orang Kreatif Cenderung Tak Termotivasi oleh Uang
Studi menyimpulkan orang kreatif tidak peduli tentang menerima uang, tetapi mereka bekerja keras ketika mereka tahu mereka tidak dapat memilikinya. (Foto: Bruce Mars/Unsplash.com)
Jakarta: Orang kreatif cenderung tak termotivasi oleh uang, demikian kesimpulan sebuah studi. Studi yang dipublikasi dalam Creativity Research Journal tersebut melibatkan pemantauan aktivitas otak pada peserta penelitian dengan memberikan tawaran uang gratis.

Para peneliti melihat pada kadar dopamin pada 24 partisipan yang terbagi dalam dua kelompok: kreatif dan tidak kreatif. 

Sebagian kelompok bekerja pada bidang seni seperti musisi, fotografer, aktor, pelukis, atau pematung yang masuk dalam kategori kreatif. Sementara, kelompok lain masuk dalam kelompok sebaliknya dengan jenis pekerjaan penjual asuransi, kedokteran gigi, administrasi bisnis dan teknik.


Setiap orang mengenakan sepasang kacamata yang menunjukkan kotak dalam warna yang berbeda, dan diminta untuk memilih kotak hijau dimana ketika keluar akan menerima uang sebanyak GBP26,48.

(Baca juga: Ini Alasan Orang Kreatif Memandang Sesuatu Berbeda)


(Orang kreatif cenderung tak termotivasi oleh uang, demikian kesimpulan sebuah studi. Foto: Ashim D’Silva/Unsplash.com)

Mereka juga diminta untuk memilih warna spesifik lainnya, yang tidak memiliki imbalan uang.

Saat melakukannya, otak mereka sedang dipindai menggunakan MRI (pencitraan resonansi magnetik fungsional). Setengah dari kelompok kreatif menunjukkan penurunan aktivasi secara signifikan di ventral striatum (bagian dari sistem penghargaan otak) ketika mereka memilih kotak hijau, dibandingkan kelompok tidak kreatif. 

Pada tes kedua, para peserta diminta untuk secara aktif menolak kotak hijau, yang ternyata membuat respons dopamin pada kelompok pertama lebih baik. 

Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah orang kreatif tidak peduli tentang menerima uang, tetapi mereka bekerja keras ketika mereka tahu mereka tidak dapat memilikinya.

Meskipun penelitian tersebut menjelaskan mengapa banyak orang kreatif memilih melakukan sesuatu yang mereka sukai daripada mendapatkan banyak uang, dibutuhkan penelitian lebih lanjut karena sampel yang digunakan tergolong kecil. 

Selain itu, hanya karena seseorang tidak termotivasi oleh uang, itu tidak berarti mereka mendapatkan bayaran yang tak sesuai dengan pekerjaan mereka. 






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id