Begini cara menangani nyeri di leher saat di rumah. (Foto: Pexels.com)
Begini cara menangani nyeri di leher saat di rumah. (Foto: Pexels.com)

Tips Tangani Nyeri Leher di Rumah

Rona nyeri leher kesehatan sendi
Sunnaholomi Halakrispen • 21 Mei 2020 10:00
Jakarta: Nyeri leher kerap kali terjadi pada orang yang duduk terlalu lama, seperti saat Work from Home (WFH). Risikonya berpengaruh pads kinerja otot, namun ada sejumlah langkah yang bisa diterapkan untuk menanganinya. 
 
"Saat penanganan di rumah, pertama bisa pakai bola tenis, letakkan di titik lengan area bahu yang sakit, lalu ditempelkan di tembok," ujar Physioterapi Faizah Abdullah, S.St.Ft., S.Ft., M.Biomed., dalam Virtual HealthTalk, Rabu, 20 Mei 2020.
 
Kemudian, bola tenis itu digerakkan secara memutar di sekitar titik lengan yang terapa sakit. Cara ini bisa memberikan efek relaksasi pada otot yang sempat merasa tegang atau kaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Cara kedua, bisa dengan melakuakn stretching, lalu strengthening, dan posture correction," paparnya.
 
Ia menekankan bahwa menjaga postur tubuh yang baik sangat penting, terutama saat harus duduk dalam waktu yang lama. Anda perlu melalukan istirahat di setiap 20-30 menit sekali.
 
Saat stretching, miringkan kepala ke kiri, lalu pegang telinga kanan dengan tangan kiri. Lakukan gerakan ini selama 10 detik atau sampai terasa seperti ketarik, kemudian miringkan kepala ke arah kanan lalu pegang telinga kiri dengan tangan kanan.
 
Gerakan juga kepala dengan posisi serong ke kiri maupun ke kanan, baik arah depan maupun belakang, secara bergantian. Anda bisa melakukannya selama 8-10 detik atau terasa tertarik.
 
Penanganan lainnya, bisa diperhatikan dari posisi ketika tidur. Hal ini berkaitan dengan apa yang orang sering kali disebut dengan salah tidur. Dalam dunia medis, tidak ada pembahasan detail tentang salah bantal. Namun, kata Faizah, ada keterkaitannya. 
 
"Pemakaian bantal juga memang juga berkontribusi untuk kualitas leher. Bantal yang terlalu tipis akan membuat kepala kurang proper. Jadi pilihlah bantal yang pas yang bisa membuat kurva leher tetap pada posisi netral," paparnya.
 
Ia menekankan, posisi tepat saat menggunakan bantal ialah saat tidak membuat leher menjadi mendongak atau membuat leher terbungkuk. Selain itu, kebiasaan membunyikan leher pun berbahaya.
 
"Bisa menimbulkan cedera atau masalah baru pada leher. Kalau pegal, lakukan saja stretching, mandi air hangat, soft massage. Jangan terbiasa melakukan cracking atau membunyikan leher," jelasnya.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif