NEWSTICKER
Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Cara Mudah Mengatasi Telapak Tangan dan Kaki yang Kedinginan

Rona tips saat banjir
Raka Lestari • 03 Januari 2020 10:47
Jakarta: Pada saat memasuki musim hujan, salah satu kegiatan favorit yang dilakukan adalah menghangatkan diri. Entah itu menggunakan selimut tebal, minum dan makan sesuatu yang hangat, bahkan berdiam di rumah.
 
Namun terkadang, beberapa orang masih merasakan kedinginan pada telapak tangan dan kaki. Sekalipun Anda sudah menggunakan selimut.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Kaki dan telapak tangan kita cenderung menjadi lebih dingin ketika tidak ada cukup oksigen dan darah yang mencapai telapak tangan dan kaki kita. Itu yang terjadi karena sirkulasi yang buruk.
 
Terkadang, merasakan dingin yang ekstrem juga bisa menjadi gejala dari berbagai masalah kesehatan seperti anemia, kerusakan saraf, diabetes, hipotiroidisme, atau hipotermia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika Anda selalu merasa lebih dingin daripada orang lain, kaki serta telapak tangan Anda tidak menjadi hangat, meski mengenakan alat penghangat mungkin Anda harus menemui dokter. Namun untuk pertolongan pertama, Anda bisa melakukan cara-cara berikut:

Pijat dengan minyak hangat

Memijat adalah cara terapi paling sederhana untuk mengembalikan kehangatan di kaki dan telapak tangan. Menggosok kaki dan telapak tangan merangsang aliran darah dan dengan demikian meningkatkan pasokan oksigen.

Mandi menggunakan Epsom salt

Jika Anda memiliki Epsom salt di rumah, Anda bisa merendam kaki dan telapak tangan Anda dalam air hangat dengan mencampurkan Epsom salt. Air hangat akan memberikan efek hangat pada kaki dan tangan. Sedangkan Epsom salt akan memberi tubuh Anda magnesium.

Mengonsumsi makanan kaya zat besi

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab paling umum dari anemia, yang dapat menyebabkan tangan dan kaki dingin. Untuk melawan anemia, konsumsilah makanan kaya zat besi seperti kurma, kedelai, bayam, apel, aprikot kering, zaitun dan bit dalam makanan sehari-hari Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif