Anda dapat mengetahui asupan apa saja yang dapat membantu meringankan asma. (Foto: Pexels.com)
Anda dapat mengetahui asupan apa saja yang dapat membantu meringankan asma. (Foto: Pexels.com)

Makanan yang Membantu Meringankan Asma

Rona asma
Sunnaholomi Halakrispen • 15 Januari 2020 13:05

Jakarta: Penderita asma akan merasakan sesak napas ketika bertemu dengan pemicu asma. Selain disebabkan oleh debu dan udara dingin, makanan juga bisa menjadi pemicu kambuhnya penyakit asma.
 
Untuk menghindarinya, makanlah makanan yang direkomendasikan untuk Anda atau si buah hati selaku penderita asma. Makanan tertentu mungkin memiliki manfaat. Namun, memang tidak ada diet asma tertentu yang dapat menyingkirkan masalah pernapasan Anda.
 
Seperti dilansir dari Sabrina Felson, MD dalam "Asthma and Your Diet: Foods That Help and Hurt" di WebMD Anda dapat mengetahui asupan apa saja yang dapat membantu meringankan asma.

1. Buah-buahan

Buah-buahan dan sayuran adalah tempat yang baik untuk memulai menjaga kesehatan tubuh. Makanan ini penuh dengan antioksidan, seperti beta karoten serta vitamin E dan C.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kandungan tersebut dapat membantu menghentikan partikel yang disebut radikal bebas yang telah merusak sel. Bahaya dari radikal bebas pun bisa mengobarkan dan mengiritasi paru-paru Anda.
 
Makanan yang Membantu Meringankan Asma
(Buah-buahan dan sayuran sangat baik dikonsumsi bagi penderita asma. Foto: Pexels.com)

2. Vitamin D

Anda mendapatkan sebagian besar vitamin D dari sinar matahari, tetapi juga bisa dari beberapa makanan. Pilihan utama yang tepat ialah ikan berlemak seperti salmon dan ikan todak, diikuti oleh susu, telur, dan jus jeruk, yang sering diperkaya dengan vitamin D.
 
Nutrisi memperkuat respons sistem kekebalan tubuh, pertahanan tubuh Anda melawan kuman, dan bisa mengurangi pembengkakan di saluran udara Anda. Memiliki kadar vitamin D yang rendah dapat menyebabkan serangan asma lebih parah.

3. Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian memiliki banyak hal baik di dalamnya, tetapi satu yang secara khusus mungkin kandungan baik untuk asma ialah vitamin E. Almond, hazelnut, dan biji mentah merupakan sumber yang baik, serta sayuran silangan seperti brokoli dan kangkung.
 
Vitamin E sendiri memiliki tokoferol selaku bahan kimia yang dapat membantu mengurangi seberapa banyak Anda batuk dan mengi dari asma Anda.

4. Ikan

Ikan sangat berkaitan dengan asam lemak omega-3, terutama pada ikan berlemak seperti salmon, herring, tuna, dan sarden. Ikan-ikan tersebut membantu mengurangi jumlah IgE dalam tubuh Anda. IgE sendiri ialah antibodi yang menyebabkan masalah pernapasan pada beberapa orang dengan asma.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif