NEWSTICKER
Anda harus waspada jika mengalami batuk lebih dari tiga minggu dan disertai dengan nyeri dada, penurunan berat badan, kelelahan, demam, dan berkeringat di malam hari atau juga mengalami batuk berdarah. (Foto: Prevention)
Anda harus waspada jika mengalami batuk lebih dari tiga minggu dan disertai dengan nyeri dada, penurunan berat badan, kelelahan, demam, dan berkeringat di malam hari atau juga mengalami batuk berdarah. (Foto: Prevention)

5 Tanda Batuk yang Harus Diwaspadai

Rona kesehatan paru-paru
Torie Natalova • 18 Januari 2017 09:59
medcom.id, Jakarta: Batuk seringkali dianggap remeh oleh penderitanya. Memang, batuk lebih sering didiagnosis terkena penyakit bronkitis, alergi, asma atau GERD.
 
Namun, menurut Raja M. Flores, Ketua Depratment of Thoracic Surgery di Mount Sinai Hospital New York, beberapa batuk dapat menunjukkan kondisi yang berpotensi mengancam jiwa. 
 
Segera periksa ke dokter jika Anda mengalami batuk lebih dari dua minggu. Mungkin saja, Anda dapat didiagnosis beberapa penyakit seperti berikut ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Batuk rejan (pertusis)
Penyakit ini sebenarnya telah diberantas sejak munculnya vaksin pada tahun 1940-an. Penyakit ini terjadi ketika seseorang menolak mendapatkan vaksinasi. 
 
Jika Anda tidak mendapatkan vaksinasi ini, sebaiknya harus waspada jika Anda mengalami batuk parah dan suara rejan saat menghirup. 
 
Meski awalnya batuk ini disertai gejala flu seperti pilek, batuk ringan dan demam, setelah seminggu hingga dua minggu batuk akan muncul, terkadang begitu sering hingga Anda muntah setelah batuk.
 
Batuk rejan didiagnosis dengan cara tes darah dan rontgen dada serta diobati dengan antibiotik.
 
(Baca juga: Tips Agar Terhindar Flu dan Batuk di Musim Hujan)
 
5 Tanda Batuk yang Harus Diwaspadai
2. Kanker paru-paru

65 persen orang dengan kanker paru-paru memiliki batuk kronis. Seringkali penderita kanker ini adalah perokok. Namun, penelitian menujukkan 28 persen dari kasus kanker paru-paru terjadi pada orang yang tidak merokok.
 
Anda harus waspada jika batuk berlangsung selama lebih dari dua minggu terutama jika disertai dengan darah atau lendir berwarna karat, suara serak, nyeri menelan dan nyeri dada. 
 
3. Pneumonia
Gejala utama penyakit ini adalah batuk kering persisten yang cenderung memburuk di malam hari. Orang-orang lebih sering menggunakan obat batuk untuk menekan batuk memburuk.
 
Anda perlu waspada jika memiliki batuk dengan gejala yang berhubungan dengan pilek atau flu yang tidak membaik setelah 10 hari. Temui dokter jika Anda kesulitan bernapas, mengalami nyeri dada dan demam tinggi, atau batuk dengan lendir berwarna hijau, kuning atau nanah.
 

5 Tanda Batuk yang Harus Diwaspadai
4. COPD

Lebih dari 7 juta wanita Amerika hidup dengan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD). Ini merupakan penyakit paru-paru yang menyebabkan Anda kesulitan bernapas. Penyakit ini seringkali muncul akibat merokok. American Lung Association mencatat, sejak tahun 2000 banyak wanita Amerika meninggal akibat penyakit ini.
 
Anda perlu waspada terutama jika termasuk perokok aktif yang memiliki batuk kronis dan banyak lendir terutama di pagi hari. Anda biasanya juga mengalami sesak napas, mengi dan sesak dada. Berhenti merokok adalah jalan utama untuk menghindari penyakit ini.
 
5. Tuberkulosis
Ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Risiko Anda terkena penyakit ini meningkat ketika memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
 
Anda harus waspada jika mengalami batuk lebih dari tiga minggu dan disertai dengan nyeri dada, penurunan berat badan, kelelahan, demam, dan berkeringat di malam hari atau juga mengalami batuk berdarah. Jika tak diobati, tuberkulosis dapat berakibat fatal karena dapat menyebar ke seluruh tubuh, merusak tulang belakang, sendi, otak dan bahkan jantung.
 

 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif