Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Kapan Waktu yang Tepat Beraktivitas Fisik?

Rona Virus Korona tips berolahraga covid-19
Kumara Anggita • 24 April 2020 11:47
Jakarta: Walaupun karantina sedang berlangsung, Anda dan anak tidak boleh sampai lupa untuk tetap beraktivitas fisik di rumah. Sebab aktivitas fisik bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Namun kira-kira idealnya aktivitas fisik dilakukan kapan ya? Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Zeth Boroh, Sp.KO, menjelaskan, aktivitas bisa dilakukan di pagi hari atau di sore hari. Terutama pada saat ramadan ini.
 
“Orang selalu berasumsi bahwa aktivitas fisik bagusnya dilakukan di pagi hari karena mungkin kandungan oksigen sedang tinggi, kadar Co2-nya masih rendah tapi sebenarnya aktivitas fisik bisa juga dilakukan di sore hari selama orang tahu kaidah-kaidahnya,” ujar dr Zeth dalam acara Media Talkshow Online Peluncuran Aktivitas #BerjemurAsyik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yang penting untuk diingat saat melakukan aktivitas fisik ini pertama adalah apakah latihannya sesuai dengan kebutuhan dan Frequency Intensity Time and Type.
 
“Jadi freksuensi sudah sesuai tidak, tipe (latihan) sudah sesuai tidak dengan yang kita lakukan, intensitasnya juga. Untuk anak-anak bagusnya ringan ke sedang terutama pada saat bulan puasa jangan melakukan intensitas yang tinggi karena akan kelelahan berlebihan,” ujarnya.
 
“Intensitas tinggi dalam masa covid-19 justru akan menurunkan daya tahan tubuh anak.,” lanjutnya.
 
Bila Anda dan anak melakukannya dengan tepat ditambah dengan paparan sinar matahari yang cukup, maka ada beberapa manfaat utama yang bisa Anda lihat pada anak antara lain:
 
-Meningkatkan tingkat kebugaran
-Meningkatkan daya tahan tubuh anak secara maksimal
-Melatih otot motori anak
 
Jadi lakukan aktivitas fisik yang menyenangkan bersama anak Anda di waktu-waktu tersebut!
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif