Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pencegahan DBD di tengah Pandemi Covid-19

Rona demam berdarah
Sunnaholomi Halakrispen • 11 Juli 2020 16:06
Jakarta: Demam berdarah dengue (DBD) masih terjadi, bahkan di tengah pandemi covid-19. Apalagi, masih banyak masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah. Namun, DBD di tengah pandemi ini bisa dicegah.
 
"Tetap sosialisi dengan jumantik (juru pemantau jentik) di rumah masing-masing, di masa kita masih jaga jarak memastikan rumah kita terbebas sarang nyamuk," ujar Direktur Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, dalam webinar Kewaspadaan Menghadapi Flu Babi.
 
Pemantauan keberadaan jentik nyamuk aedes aegypti di lingkungan sekitar rumah perlu dilakukan. Tindakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) untuk memastikan tidak ada tempat yang menjadi sarang nyamuk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada pembukaan tempat wisata hotel dan tempat wisata delain desinfeksi juga pemberantasan sarang nyamuk apalagi ruangan yang tidak ada okupansi akibat sebagai efek menerapkan jaga jarak," paparnya.
 
Nyamuk aedes aegypti sendiri biasanya menggigit pada pagi dan sore hari. dr. Nadia menjelaskan, tentunya saat PSBB atau penerapan jaga jarak juga dilakukan saat kita berada di rumah, yang biasanya kita berada di kantor, sekolah atau tempat-tempat lainnya. 
 
Keberadaan masyarakat di rumah karena adanya imbauan di rumah saja atau stay at home, seharusnya membuat masyarakat semakin sadar bahwa nyamuk mudah bersarang di mana pun. Lebih mudah untuk kita memastikannya.
 
"Sehingga melihat pola ini, masih banyak sarang nyamuk yang berpotensi menjadi penularan virus dengue, yang kemudian menimbulkan jumlah kasus yang cukup banyak dilaporkan fasyankes (fasilitas layanan ayanan kesehatan)," ucapnya.
 
"Ini artinya kita terus mengajak, mendorong masyarakat untuk melakukan PSN," tambah dr. Nadia.
 
Selain memastikan pemberantasan sarang nyamuk dengan tepat, pola hidup bersih dan sehati (PHBS) harus terus diterapkan. Sebab, demam berdarah bisa sembuh dengan daya tahan tubuh baik dan imunitas baik.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif