Ibu hamil tetap bisa lakukan yoga. (foto:dev.yoga4mothers.com)
Ibu hamil tetap bisa lakukan yoga. (foto:dev.yoga4mothers.com)

Jangan Takut, Ibu Hamil Tetap Bisa Yoga

Rona kesehatan hamil
Sri Yanti Nainggolan • 06 Januari 2016 15:06
medcom.id, Jakarta: Beberapa gerakan dalam yoga seringkali dihindari oleh wanita hamil karena takut dapat membahayakan bayi dalam kandungan. Yoga dapat membantu ibu hamil mempertahankan fleksibilitas dan otot serta mengembangkan teknik bernapas yang mungkin berguna selama kehamilan hingga persalinan. 
 
Namun, mereka sering diperingatkan untuk tidak menggunakan postur yang melibatkan berbaring di punggung mereka, seperti yang dikenal sebagai "happy baby pose" atau "corpse pose," atau postur sebagian terbalik, seperti "downward facing dog" karena pose ini bisa mengurangi sirkulasi darah ke janin dan mungkin menyebabkan lonjakan detak jantung janin.
 
Sebuah penelitian dilakukan dengan melibatkan sepuluh wanita hamil yang biasa melakukan yoga secara teratur, delapan wanita yang mengerti yoga, dan tujuh sisanya tidak terbiasa dengan yoga. Para peserta dengan berat badan normal ini memiliki kondisi medis yang baik dan telah melakukan tes tingkat stres sebelumnya ini, melakukan yoga dengan pose yang aman, tak ada bagian perut yang di terletak di bawah. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Obstetrics & Gynecology ini menunjukkan denyut jantung janin tetap normal melalui semua pose. Tak satu pun dari peserta dilaporkan mengalami penurunan gerakan janin, kontraksi, kebocoran cairan, atau perdarahan vagina dalam 24 jam berikutnya. 
 
Sebuah studi yang berbeda, yang dilaporkan dalam American Journal of Obstetric dan Gynecology melibatkan 52 ibu hamil yang tidak pernah mencoba yoga. Mereka secara acak ditugaskan untuk berpartisipasi dalam kelas yoga satu kali, satu jam, atau untuk menghadiri satu kali, satu jam kuliah tentang olahraga, nutrisi, dan obesitas pada kehamilan.
 
Tidak ada perubahan yang signifikan dalam aliran darah janin segera setelah peserta melakukan yoga. Studi ini menyimpulkan bahwa wanita hamil yang sehat akan aman bila melakukan yoga selama kehamilannya. (youthhealthmag)
 

(LOV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif