Buah Ceri Bantu Turunkan Tekanan Darah
Buah Ceri Bantu Turunkan Tekanan Darah (Foto: gettyimages)
Jakarta: Buah ceri seringkali ditemukan dalam kue ulang tahun atau tart. Banyak orang memilih menyingkirkan buah kecil berwarna merah ini karena tidak suka dengan rasanya yang terlalu manis atau asam.

Meski memiliki rasa yang manis, dalam satu porsi buah ini mengandung 3 gram serat dan sekitar 10 mg vitamin C. Ada lima manfaat dari buah ceri untuk kesehatan Anda seperti berikut.

1. Pembangkit tenaga
Warna merah pada ceri menunjukkan buah ini kata dengan anthocyanin, sejenis antioksidan yang dapat melawan kerusakan radikal bebas dalam tubuh yang disebabkan oleh stres oksidatif. Ceri juga mengandung serat, karotenoid, vitamin C dan kalium.


2. Membantu tidur lebih cepat
Kurang tidur dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, kegemukan dan lainnya. Buah ceri tinggi melatonin, hormon yang memainkan peran kunci dalam siklus tidur dan bangun.

3. Meringankan stres pascaolahraga
Jus ceri baik untuk atlet karena dapat mengurangi nyeri otot setelah olahraga. Para peneliti menduga bahwa antioksidan pada ceri dapat membantu menurunkan peradangan yang dihasilkan seteah melakukan olahraga keras.

4. Meredakan nyeri radang sendi
Mengonsumsi ceri manis dan asam dapa membantu mengurangi jumlah radang sendi terutama pada penderita gout (radang sendi yang umum dan menyakitkan). Ini karena sifat ceri yang mampu meredakan peradangan.

5. Menurunkan tekanan darah
Buah ceri kaya polifenol, sejenis antioksidan yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Tekanan darah tinggi berperan dalam penyebab hampir 1000 kematian di Amerika setiap hari.


 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id