Alasan Bayi Bergerak di dalam Rahim
Niamh Nowlan, seorang bioengineer di Imperial College London mengatakan, pada awalnya gerakan yang dilakukan janin murni sebuah refleks. (Foto: Jacob Postuma/Unsplash.com)
Jakarta: Salah satu sensasi saat hamil yaitu tendangan yang dilakukan janin. Namun, timbul pertanyaan apakah gerakan tersebut refleks atau ada arti lain?

Saat dikutip dari Livescience, gerakan yang dilakukan janin dalam rahim bukanlah suatu refleks biasa. Tapi, bisa dikatakan sebagai bentuk latihan yang dilakukan oleh jabang bayi.

Janin mulai bergerak di rahim sekitar sedini 7 minggu. Saat tumbuh, janin secara bertahap menambahkan lebih banyak gerakan ke repertoar mereka, seperti gerakan cegukan, lengan dan kaki, peregangan, menguap, dan mengisap jempol. 


Tetapi, ibu tidak akan merasakan itu semua. Pada umumnya, ibu hanya merasakan gerakan yang lebih besar, seperti tendangan dan pukulan pada usia kehamilan memasuki usia 16 hingga 18 minggu.

(Baca juga: Kenapa Bayi yang Baru Lahir Lebih Banyak Tidur?)


(Saat dikutip dari Livescience, gerakan yang dilakukan janin dalam rahim bukanlah suatu refleks biasa. Tapi, bisa dikatakan sebagai bentuk latihan yang dilakukan oleh jabang bayi. Foto: Omar Lopez/Unsplash.com)

Niamh Nowlan, seorang bioengineer di Imperial College London mengatakan, pada awalnya gerakan yang dilakukan janin murni sebuah refleks. Gerakan spontan itu disebut bersumber dari tulang sum-sum belakang tanpa memerlukan input dari otak.

"Tetapi karena gerakannya menjadi lebih terkoordinasi kemungkinan otak mengendalikan berapa banyak dan kapan bayi bergerak," kata Nowlan.

Lebih jauh, Nowlan mengatakan bahwa gerakan tersebut sangat penting bagi kesehatan janin. "Agar sehat setelah lahir, terutama untuk tulang dan sendi mereka," katanya. 

Dalam sebuah tinjauan yang diterbitkanya dalam jurnal European Cells and Materials, Nowlan menyebutkan, janin tidak aktif bergerak merupakan pertanda tidak baik, diantaranya gangguan persendian atau tulang tipis dan rentan terhadap fraktur.

Lalu timbul pertanyaan ukuran keaktifan gerakan janin dalam rahim? Nowlan mengatakan tidak ada jumlah atau patokan. 

"Wanita hamil diberitahu untuk mencari perubahan signifikan dalam gerakan yang merupakan saran yang samar-samar, tetapi itu yang terbaik yang bisa diberikan saat ini," katanya.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id