Ketahui Stimulasi yang Baik untuk Bayi Usia Kurang dari Satu Bulan

Sri Yanti Nainggolan 04 Juli 2018 17:37 WIB
tumbuh kembang bayi
Ketahui Stimulasi yang Baik untuk Bayi Usia Kurang dari Satu Bulan
(Foto: Stuff)
Jakarta: Bayi yang berada dalam masa neonatal atau usia di bawah 28 hari atau 1 bulan perlu mendapatkan perawatan ekstra.

"Ini masa yang penting karena bayi lepas dari rasa nyaman dalam kandungan yang hangat," jelas ahli tumbuh kembang anak dr Bernie Endyarnie Medise, SpA(K), MPH dalam peluncuran Gerakan Pijat Bayi Nasional oleh Johnson's di Jakarta pada Rabu, 4 Juli 2018.

Ia menjelaskan, bayi pada masa neonatal cenderung lebih rentan karena kulit belum berkembang dengan sempurna sehingga lebih rawan terjadi gangguan dan infeksi.


"Selain itu, daya tahan tubuh juga masih lemah sehingga mudah terserang penyakit," tambahnya.

Terakhir, bayi di usia neonatal memiliki pencernaan yang juga belum berkembang baik sehingga asupan nutrisi harus diperhatikan, dimana ASI adalah pilihan terbaik.

Oleh karena itu, dr Bernie menjelaskan terdapat dua hal penting dalam merawat anak di masa neonatal, yaitu pemenuhan kebutuhan dan stimulasi dini.

Kebutuhan tersebut mencakup fisik, mental/emosional, dan spiritual. Kebutuhan fisik yang dimaksud adalah pemenuhan nutrisi dan kebersihan tubuh. 
Sementara kebutuhan mental berkaitan dengan stimulasi, bisa diberikan lewat kasih sayang. 

"Misalnya saat memandikan anak, terjadi kontak mata saat ibu mengajak ngobrol, di sini indera pendengaran anak terstimulasi. Wewangian dari sabun juga membuat indera penciuman anak berkembang," pungkas Bernie.





(DEV)