(Foto: Medical News Today)
(Foto: Medical News Today)

Tak Cukup Olahraga Saja, Jaga Kesehatan Jantung dengan Asupan Makanan Ini

Rona kesehatan jantung
Torie Natalova • 14 Oktober 2018 16:41
Jakarta: Olahraga dan asupan makanan bergizi merupakan kunci jantung sehat yang tak terpisahkan. Namun, masih banyak orang berpikiran tak mengapa makan apapun, asalkan berolahraga. Hal tersebut, jelas keliru.
 
Makanan memberikan 60 persen kontribusi kepada tubuh, sementara olahraga 40 persen. Jadi, untuk mendapatkan jantung sehat, asupan makanan sehat tak boleh diabaikan.
 
Makanan yang padat nutrisi membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah secara keseluruhan. Sirkulasi darah yang baik sangat dibutuhkan, terutama bagi Anda yang mulai bertambah tua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini makanan terbaik yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari agar jantung tetap sehat.
 
1. Oat
 
Oat mengandung serat larut yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah sehingga mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh secara keseluruhan.
 
2. Telur
 
Berbeda dengan anggapan umum yang menganggap telur sebagai makanan berkolesterol sehingga harus dihindari. Pada dasarnya memang benar telur mengandung kolesterol, tetapi jenis yang baik sehingga aman untuk dikonsumsi.
 
3. Ikan
 
Ikan memang sangat baik untuk kesehatan, dan ikan sarden diyakini merupakan jenis ikan terbaik untuk kesehatan jantung. Bukan hanya sumber protein, ikan juga sumber asam lemak omega 3 anti peradangan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung hingga stroke.
 
4. Chickpea
 
Chickpea sering juga dikenal sebagai kacang Arab. Di Indonesia, kacang ini lebih mudah ditemukan dalam bentuk kalengan. Satu porsi chickpea (dan kacang, kacang polong atau lentil) dapat secara signifikan mengurangi kolesterol tidak sehat dan risiko penyakit kardiovaskular.
 

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif