Ilustrasi-Pixabay
Ilustrasi-Pixabay

Perawatan untuk Gigi Sensitif

Rona tips merawat gigi
Raka Lestari • 04 Desember 2019 08:00
Jakarta: Gigi sensitif pada umumnya disebabkan oleh erosi enamel di bagian atas gigi atau jaringan tulang dan gusi di bawahnya. Hal tersebut mengganggu ujung saraf gigi, sehingga menyebabkan sensasi ngilu yang terkadang bisa dipicu oleh beberapa makanan tertentu, salah satunya es atau makanan asam.
 
Berkonsultasi dengan dokter gigi Anda merupakan cara terbaik. Namun ada beberapa perawatan yang harus Anda perhatikan jika mengalami gigi sensitif:

Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif

Langkah pertama dalam mengelola nyeri gigi adalah beralih dari pasta gigi biasa ke pasta gigi yang dirancang khusus untuk orang dengan gigi sensitif. 
 
Menurut Kim Harms, DDS, juru bicara American Dental Association, pasta gigi yang baik untuk gigi sensitif mengandung fluor, potasium nitrat, atau strontium klorida.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usahakan tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung natrium lauril sulfat. Sebab bahan tersebut ada di sebagian besar pasta gigi yang membuat formula berbusa, ketika Anda menyikat yang justru bisa mengiritasi gigi dan gusi yang sensitif.

Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut

Untuk menghindari bertambahnya kerusakan jaringan email atau gusi, pastikan untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan lentur. Menggunakan sikat gigi yang keras dan kaku dapat terus merusak email dan gusi Anda.
 
Sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap sensitivitas gigi. Anda juga harus berusaha menyikat gigi dengan lembut, terutama saat mendekati garis gusi.

Melakukan rutinitas lain selain menyikat gigi

Melakukan rutinitas selain menyikat gigi merupakan saran yang baik untuk mendapatkan gigi yang sehat. Terutama bagi mereka yang memiliki gigi sensitif.
 
Harms merekomendasikan untuk menyikat pagi dan malam, melakukan flossing, mengganti sikat gigi Anda segera setelah bulu sikat mulai rusak.
 
Selain itu, menggunakan obat kumur tinggi fluoride setiap hari dapat membantu mengurangi sensitivitas. Tetapi usahakan untuk menghindari yang mengandung alkohol.

Hindari makanan dan minuman asam

Jika Anda mengalami gigi sensitif, Anda mungkin sangat menyadari bahwa makanan panas, dingin, dan manis mungkin dapat membuat gigi Anda terasa sakit. Cara paling sederhana adalah dengan menghindari makan makanan yang sangat panas dan dingin, permen, dan produk yang sangat asam seperti soda dan buah jeruk. Harms secara khusus memperingatkan agar tidak mengunyah hal-hal yang dingin dan renyah, seperti es batu.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif