Hindari Bekam Jika Anda Punya Masalah Kesehatan Ini

Torie Natalova 04 Juli 2018 11:11 WIB
tips kesehatan
Hindari Bekam Jika Anda Punya Masalah Kesehatan Ini
(Foto: Back in Health)
Jakarta: Bekam sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu pengobatan alternatif yang dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit. Pengobatan ini juga sempat menjadi tren kesehatan di kalangan selebritas luar negeri.

Bekam merupakan pengobatan Tiongkok kuno yang percaya bahwa beberapa masalah kesehatan disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar. 

Untuk memperbaiki atau mencegah masalah kesehatan tersebut, praktisi bekam akan menerapkan gelas atau silikon ke kulit untuk menciptakan tekanan yang menyedot kulit Anda ke dalam wadah tersebut. Praktisi bekam biasanya menempatkan gelas-gelas tersebut di 
punggung.


Praktik ini akan meninggalkan bekas berbentuk bulat dan berwarna merah di kulit. Tekanan yang diciptakan oleh alat bekam dipercaya dapat meningkatkan aliran darah secara keseluruhan sehingga
meredakan ketegangan otot, memperbaiki sirkulasi dan mengurangi peradangan.

Umumnya, bekam digunakan untuk mengobati nyeri kronis seperti nyeri punggung dan sakit kepala yang biasanya disebabkan dari stres kronis. Banyak orang juga mengklaim bahwa bekam dapat membantu detoksifikasi untuk menghilangkan peradangan.

Banyak ahli mengatakan bekam bekerja maksimal ketika dipasangkan dengan akupunktur untuk membantu sisi mental stres. 

Akupuntur melepaskan endorfin dan mampu membantu mengelola akar penyebab stres mental secara holistik. 

Pada dasarnya, bekam tidak menimbulkan efek samping. Tapi, hindari bekam jika Anda memiliki masalah darah yang encer, mengalami masalah dengan pendarahan atau pembekuan, memiliki luka terbuka, memiliki kulit sensitif atau tipis.






(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id