Ilustrasi- Pixabay
Ilustrasi- Pixabay

Apakah Makanan Memperburuk Penyakit Kulit Vitiligo?

Rona vitiligo
Kumara Anggita • 25 November 2019 16:16
Jakarta: Makanan seringkali memengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Semakin baik konsumsi Anda, maka semakin baik pula tubuh Anda.
 
Karena itu, orang-orang jadi selalu menjadikan makanan sebagai alasan mengapa penyakit tidak sembuh atau semakin buruk. Ini terjadi pula pada kasus penyakit kulit Vitiligo.
 
Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dian Pratiwi salah satu mitos yang sering dia dengar adalah vitiligo diperburuk dengan mengonsumsi kombinasi makanan tertentu. Dia tidak setuju dengan ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Faktanya vitiligo tampaknya sama sekali tidak terpengaruh oleh pilihan makanan,” ujarnya.
 
Dokter Dian pun menambahkan bahwa penyebab pasti Vitiligo masih belum sepenuhnya dipahami. Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa berbagai mekanisme seperti kelainan metabolik, stres oksidatif, respons autoimun, dan faktor genetik adalah faktor yang berkontribusi pada timbulnya Vitiligo.
 
Untuk mendeteksi penyakit ini, Anda bisa melihat adanya kehilangan warna kulit yang merata menjadi putih susu, uban pada rambut di kulit kepala, bulu mata, alis atau janggut. Di samping itu juga terdapat kehilangan warna pada bagian dalam mulut dan hidung, kehilangan atau perubahan warna lapisan dalam bola mata.
 
Bila ini terjadi segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan. Salah satu klinik yang bisa Anda kunjungi untuk mengobati penyakit ini adalah Klinik Pramudia.
 
"Klinik pramudia mendedikasikan pelayanan medis di bidang penyakit kulit dan kelamin. Motto kami dalam memberikan pelayanan kulit yaitu Cure, Care, Comfort. Pelayanan yang ada meliputi Dermatologi umum, anak, geriatri, dan penyakit infeksi menular seksual. Kami juga memberikan pelayanan terhadap dermatologi, tentunya hanya bagi lasien yang memang membutuhkan," ujar CEO Klinim Pramudia, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Anthony Handoko.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif