Nyeri Sendi, Gejala Osteoporosis yang Sering Diabaikan (Foto: istock)
Nyeri Sendi, Gejala Osteoporosis yang Sering Diabaikan (Foto: istock)

Nyeri Sendi, Gejala Osteoporosis yang Sering Diabaikan

Rona osteoporosis kesehatan sendi
Torie Natalova • 28 Juli 2019 14:07
Jakarta: Nyeri dan sakit sendi atau pada tulang diperkirakan akan terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, nyeri tersebut belum tentu merupakan tanda osteoporosis.
 
Osteoporosis adalah suatu kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan penderitanya akan mengalami kehilangan jaringan tulang. Kondisi ini sering terjadi pada mereka yang berusia 65 tahun ke atas, terutama wanita.
 
Perlu diketahui bahwa osteoporosis juga hampir tanpa gejala. Kebanyakan penderitanya tidak menyadari bahwa mereka mengalami osteoporosis hingga mereka mengalami dampak terburuk yakni patah tulang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hilangnya kepadatan tulang akibat osteoporosis dapat meningkatkan risiko terjatuh atau benjolan kecil yang dapat menghancurkan tulang. Dan berikut adalah 7 tanda yang mungkin menunjukkan Anda mengalami osteoporosis, selain usia.
 
1. Obat-obatan tertentu
 
Tak hanya usia, faktor gaya hidup tertentu juga dapat memengaruhi osteoporosis. Obat-obatan seperti steroid, kontrasepsi suntik dan beberapa obat perawatan kanker juga meningkatkan risiko osteoporosis. Obat-obatan untuk mengatasi mulas atau depresi juga dapat meningkatkan risiko. Bicarakan dengan dokter untuk rekomendasi suplemen tambahan tanpa menghilangkan obat utama Anda.
 
2. Kehilangan tinggi badan dan membungkuk
 
Perubahan yang perlu diperhatikan seperti kehilangan dua atau lebih inci tinggi juga kelengkungan baru di tulang belakang Anda. Perubahan tersebut berarti bahwa osteoporosis telah mempengaruhi tulang belakang Anda. Ukur tinggi badan Anda ketika usia mencapai 50 tahun.
 
3. Kekurangan vitamin D
 
Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang karena membantu tubuh untuk menyerap kalsium. Kekurangan vitamin D dapat disertai gejala seperti nyeri tulang atau lemah otot yang ringan.
 
4. Nyeri sendi atau otot
 
Osteoporosis berkembang secara diam-diam sehingga Anda mungkin tidak akan mengalami rasa sakit sebelum penyakitnya berkembang. Namun, tekanan fraktur dan retakan kecil di tulang dapat terjadi yang menyebabkan perasaan pegal.
 
Gejala osteoporosis lainnya adalah kelemahan otot akibat koneksi yang longgar dengan tulang yang mendukungnya. Anda mungkin melihat ini sebagai kesulitan bangun dari kursi tanpa dorongan dengan tangan Anda.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif