Sebaiknya, pilih camilan bebas mecin yang tidak menimbun lemak di perut (Foto:Shutterstock)
Sebaiknya, pilih camilan bebas mecin yang tidak menimbun lemak di perut (Foto:Shutterstock)

Waktu Terbaik Mengemil supaya Tidak Gemuk

Rona kalbe nutritionals
Gervin Nathaniel Purba • 01 Juli 2019 07:00
Jakarta: Mengemil tak selalu membuat berat badan naik. Asalkan tidak berlebihan dan tahu kapan waktu yang tepat, mengemil tak akan bikin gemuk.
 
Selama ini, banyak orang mengemil pada waktu yang tidak tepat. Camilan yang dikonsumsi pun bukan camilan bebas mecin dan melebihi batas wajar. Akibatnya, berat badan naik.
 
Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengemil supaya tidak gemuk? 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Antara Waktu Makan
 
Ahli Diet di New York City, Keri Gans, mengatakan sebagian besar perempuan perlu makan setidaknya setiap 3-4 jam sekali untuk menangkal kelaparan dan menjaga tubuh berfungsi optimal.
 
Jika sehari makan tiga kali, berarti harus makan dua kali camilan bebas mecin, yaitu saat tengah hari, antara jam makan siang dan makan malam.
 
2. Sebelum Berolahraga
 
Mengemil sekitar satu jam sebelum olahraga akan memberikan energi tambahan. Patut diingat, jangan makan terlalu banyak karena akan mengganggu pencernaan dan menyebabkan perut sakit saat olahraga.
 
3. Setelah Berolahraga
 
Setelah berolahraga lebih dari satu jam, tubuh memerlukan asupan untuk mengganti cadangan energi dengan karbohidrat dan membangun kembali massa otot dengan protein. Namun, jangan mengemil berlebihan karena akan membuat berat badan naik.
 
4.  Sebelum Makan
 
Mengemil sebelum makan dapat mengontrol diri untuk tidak makan berlebihan. Hal ini juga baik untuk mencegah meningkatnya berat badan.
 
5. Sebelum Tidur
 
Beberapa jam setelah makan malam, mengemil kecil sebelum tidur akan membantu tidur lebih nyenyak. Sebaiknya, pilih camilan bebas mecin yang tidak menimbun lemak di perut. 
 
Jika Anda takut gemuk, keripik gandum bisa menjadi pilihan camilan yang enak. Keripik gandum Fitchips merupakan camilan sehat yang tinggi serat. 
 
Fitchips terbuat dari multigrain atau biji-bijian dan kaya serat, seperti oat, quinoa, whole wheat (gandum utuh), dan jagung. Multigrain merupakan sumber serat dan baik untuk memelihara kesehatan jantung.
 
Fitchips camilan bebas mecin, dibuat tanpa 4P (penguat rasa/MSG, pengawet, pewarna dan pemanis buatan). Rasa asin pada Fitchips didapat dari garam yang juga berfungsi sebagai pengawet alami. Tersedia rasa honey BBQ, seaweed, serta cheese & herbs yang bisa dipilih sesuai selera.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif