Banjir tidak hanya menganggu kesehatan, tapi juga dapat mengancam jiwa. (Ilustrasi/Medcom.is/K. Yudha Wirakusuma).
Banjir tidak hanya menganggu kesehatan, tapi juga dapat mengancam jiwa. (Ilustrasi/Medcom.is/K. Yudha Wirakusuma).

Hal yang Perlu Diwaspadai saat Banjir

Rona tips saat banjir
Kumara Anggita • 03 Januari 2020 12:04
Jakarta: Banjir tidak hanya menganggu kesehatan, tapi juga dapat mengancam jiwa. Sayangnya, orang yang terkena musibah banjir kerap abai.
 
Berikut hal-hal yang patut diwaspadai saat banjir berdasarkan informasi yang dihimpun dari Kemetrian Kesehatan.
 
Arus

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arus air disaat banjir sangat kuat dan bisa menghanyutkan Anda. Kenalilah daerah yang berarus deras di daerah anda disaat terjadinya banjir dan tetntunya saluran-saluran air.
 

Kedalaman atau ketinggian air 
 
Kedalaman atau ketinggian air dapat menyebabkan seseorang tenggelam. Waspadalah dengan lubang, gorong-gorong dan selokan/ saluran air. Hindari anak-anak melihat-lihat saat banjir.
 

Benda yang terbawa arus 
 
Banjir isinya bukan hanya air saja namun juga ada benda-benda yang terbawa arus (potongan pohon, kayu, benda-benda lainnya). Benda-benda tersebut bisa tajam dan melukai Anda.
 

Hewan berbisa 
 
Hewan berbisa dari sekitar sungai juga bisa saja hanyut dan terbawa ke dalam rumah atau tempat anda mengungsi. Jika Anda tidak bisa menghadapinya dengan tepat, hewan berbisa bisa mengigit Anda dan menyebabkan kematian.
 
Listrik 
 
Waspadalah dengan bahaya listrik, yang diakibatkan terkelupasnya kabel atau putusnya kabel dan juga akibat rubuhnya tiang listrik. Pastikan Anda meamtikan aliran listrik Anda sesegera mungkin atau hubungi PLN untuk mematikan aliran listrik di wilayah yang terkena bencana. Jangan sampai menyentuh kabel-kabel yang jatu
 
Benda keras atau tajam di air 
 
Disaat Anda tercebur atau terbawa arus, benda keras di air (batu, kayu, tiang, dan laoin-lain bisa membentur Anda. Ini bisa menimbulkan luka yang berbahya.
 
Air yang tercemar 
 
banyak orang tidak mengetahui bahwa air yang terkena banjir seharusnya tidak dikonsumsi. Ini menjadi perantara untuk berbabgai penyakit seperti diare, leptospirosis, dan lain-lain.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif