Minyak Lavender secara efektif mengurangi kram dan perdarahan menstruasi bila dibandingkan dengan plasebo. (Foto: Mareefe/Pexels)
Minyak Lavender secara efektif mengurangi kram dan perdarahan menstruasi bila dibandingkan dengan plasebo. (Foto: Mareefe/Pexels)

Beragam Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Kram Menstruasi

Rona menstruasi
Raka Lestari • 09 Januari 2020 13:31
Jakarta: Kram pada saat menstruasi merupakan salah satu hal yang tidak menyenangkan. Dan salah satu cara alami untuk mengatasinya dengan menggunakan minyak esensial atau essential oil.
 
Penelitian menunjukkan minyak esensial dan aromaterapi dapat membantu stres dan kecemasan. Jika Anda ingin mencoba menggunakan minyak esensial untuk mengatasi kram saat menstruasi, berikut adalah beberapa jenis minyak yang bisa dicoba:

-Minyak leavender

"Minyak lavender yang digunakan dalam diffuser telah terbukti secara efektif mengurangi kram dan perdarahan menstruasi bila dibandingkan dengan plasebo. Lavender diperkirakan memengaruhi prostaglandin yang memediasi nyeri dan kontraksi uterus," kata Jennifer Stagg, MD, seorang dokter naturopati dan pendiri Whole Health Wellness Center.

-Minyak kayu manis

“Minyak kayu manis sendiri telah dipelajari sebagai pengobatan untuk kram menstruasi dan memang terbukti sangat efektif dalam mengurangi kontraksi uterus,” jelas Dr Stagg.
 
Beragam Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Kram Menstruasi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cobalah memijat perut bagian bawah dengan menggunakan minyak kayu manis. Sebab kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi.

-Campuran rempah-rempah

“Campuran minyak lavender, cengkeh, kayu manis, dan mawar yang digunakan sebagai minyak topikal yang dioleskan ke perut selama tujuh hari sebelum menstruasi, dapat mengurangi jumlah rasa sakit dan durasi kram dan bahkan jumlah perdarahan menstruasi,” kata Dr Stagg.

-Minyak chamomile

"Para arkeolog memberi tahu kami bahwa aromaterapi digunakan untuk mengatasi nyeri oleh orang-orang Mesir kuno. Dan salah satu minyak yang bermanfaat adalah minyak Roman chamomile,” ujar Ryan Neinstein, MD, dari NYC Surgical Associates.
 
Beragam Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Kram Menstruasi
 
“Menambahkan beberapa tetes minyak tersebut dalam air rendaman untuk kaki dapat membantu mengurangi intensitas kram," tambah Ryan.

-Minyak clary

Minyak clary sage merupakan salah satu minyak esensial yang paling populer untuk kram menstruasi karena mudah ditemukan dan diyakini sebagai agen antispasmodik, yang berarti mengurangi kejang rahim selama kram, menurut National Association for Holistic Aromatherapy (NAHA).
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif