Lima manfaat jagung bagi kesehatan. (Foto: Shutterstock)
Lima manfaat jagung bagi kesehatan. (Foto: Shutterstock)

Tak Cuma Enak, Jagung Punya 5 Manfaat bagi Kesehatan

Rona kalbe nutritionals
Gervin Nathaniel Purba • 22 Januari 2019 07:00
Jakarta: Selain dikenal sebagai sumber karbohidrat, jagung juga kaya akan nutrisi. Jagung menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.
 
Untuk itu, tidak ada salahnya jika konsumi jagung mulai ditingkatkan menggantikan nasi putih. Selain meningkatkan energi, banyak manfaat kesehatan yang diperoleh bagi tubuh.
 
Berikut sejumlah fakta manfaat kesehatan yang dihasilkan jagung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Melawan Anemia
 
Vitamin B12 dan asam float yang ditemukan dalam jagung membantu mencegah anemia (penurunan sel darah merah) yang disebabkan kekurangan vitamin. Jagung juga merupakan sumber zat besi yang baik, yang membantu dalam pembentukan sel darah merah baru.
 
2. Melawan Kanker
 
Journal of Agriculture and Food Chemistry menyebutkan jagung kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Jagung juga kaya asam ferulat, agen antikarsinogenik yang telah terbukti efektif dalam melawan tumor yang menyebabkan payudara dan kanker hati.
 
3. Meningkatkan Kadar Vitamin A
 
Jagung manis kaya akan beta-karoten, yang selanjutnya akan diubah menjadi vitamin A, merawat penglihatan dan kulit yang luar biasa. Beta-karoten yang tidak diubah menjadi vitamin A bertindak sebagai antioksidan yang sangat baik dan melawan penyakit, seperti jantung dan kanker.
 
4. Baik untuk Pencernaan
 
Jagung kaya akan serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu mampu memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit.
  
5. Kaya Vitamin B
 
Jagung kaya akan vitamin B, terutama thiamin (B1) dan niacin (B3). Tiamin sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf dan fungsi kognitif. Sementara niacin mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan mengurangi masalah kardiovaskular.
 
Manfaat jagung dalam meningkatkan HDL telah teruji. Hal ini membuat jagung dipilih sebagai salah satu bahan dalam kandungan Nutrive Benecol.
 
Mengonsumsi Nutrive Benecol terbukti membantu menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu, kolesterol jahat (LDL) hingga 15 persen, serta membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
 
Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis efektif menurunkan kadar kolesterol. PSE ditemukan pada golongan tumbuhan seperti jagung, rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, gandum, dan tanaman lainnya dalam jumlah yang tidak banyak. 
 
Minuman smoothies ini hadir dalam beberapa varian rasa, yakni blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Ada juga Nutrive Benecol Cereal dengan rasa yang lezat, yaitu vanilla veggie mix, dan chocolate.

 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi