Berolahraga kardio selama 60 menit per hari juga bisa menurunkan kolesterol. (Foto: Shutterstock)
Berolahraga kardio selama 60 menit per hari juga bisa menurunkan kolesterol. (Foto: Shutterstock)

Kolesterol Cepat Turun? Bisa! Ini Panduannya

Rona kalbe nutritionals
Pelangi Karismakristi • 17 Juni 2019 07:00
Jakarta: Kadar kolesterol dalam tubuh memengaruhi kesehatan. Jika melampaui batas normal akan memicu berbagai masalah kesehatan, di antaranya serangan jantung, stroke, hingga gagal jantung.
 
Kolesterol adalah zat berlilin yang terdapat pada seluruh sel tubuh. Kehadirannya dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hormon, vitamin D, zat penting lainnya.
 
Tubuh membutuhkan kolesterol dalam jumlah tertentu agar berfungsi dengan baik. Kolesterol bergerak melalui tubuh dengan lipoprotein, yang merupakan protein larut untuk mengangkut lemak ke seluruh tubuh. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Total kolesterol yang baik adalah 199 mg/ dL atau lebih. Batas atas kolesterol ialah 200 hingga 239 mg/dL. Kadar kolesterol dikatakan tinggi bila mencapai 240 mg/dL atau lebih. 
 
Kolesterol terbagi dua jenis, yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). LDL akan membawa kolesterol ke jaringan dan pembuluh darah tubuh. Bila tubuh kelebihan LDL, kolesterol akan menempel di sepanjang dinding pembuluh darah dan meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. 
 
Kolesterol jahat dinyatakan normal bila jumlahnya 100 mg/dL atau lebih rendah, sementara batas atasnya 130 hingga 159 mg/dL. Jika jumlahnya mencapai 160 mg/dL atau lebih, Anda perlu waspada sebab ini masuk kategori tinggi. 
 
Berkebalikan dengan LDL, kolesterol baik (HDL)  berfungsi mengambil kelebihan kolesterol dari jaringan dan pembuluh darah kembali ke hati, dan dikeluarkan dari tubuh. HDL membantu melindungi Anda dari penyakit jantung. HDL dikatakan baik bila jumlahnya 60 mg/dL atau lebih. HDL tergolong rendah bila totalnya hanya 39 mg/dL.
 
Kolesterol juga berkaitan dengan triglisrida, yakni jenis lemak lain yang mengendap dalam tubuh. Kadar triglisrida yang tinggi ditambah kadar kolesterol jahat yang rendah akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. 
 
Jumlah triglisrida yang baik adalah tak lebih dari 149 mg/dL, batas atas 150 hingga 199 mg/dL, dan dikatakan tinggi bila mencapai 200 mg/dL.
 
The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan bahwa pada 2012, 78 persen orang dewasa di Amerika Serikat tinggi kadar LDL. CDC menyatakan, semakin tinggi kadar LDL, makin besar pula risiko terkena penyakit jantung. 
 
Menurunkan Kolesterol dalam 3-6 Bulan
 
Medical Director untuk Joan H Tisch Center for Women's Health di NYU Langone Medical Center mengatakan, perlu waktu antara tiga hingga enam bulan untuk menekan angka kolesterol jahat hanya dengan diet dan olahraga. Namun, perempuan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan pria. 
 
Kolesterol Cepat Turun? Bisa! Ini Panduannya
(Foto: Shutterstock)
 
The American Heart Association merekomendasikan orang dewasa rutin memeriksa kadar kolesterol setiap empat hingga enam tahun sekali sejak berusia 20 tahun. 
 
Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam hitungan bulan, Anda disarankan untuk mengubah gaya hidup.
 
"Anda dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 20 persen melalui perubahan pola makan dan gaya hidup, tapi hasilnya bervariasi pada setiap orang. Kami memberi waktu tiga bulan untuk melihat perubahannya," tutur ahli jantung di NYU Langone Medical Center Dr Eugenia Gianos. 
 
Selain itu, Anda bisa melakukan diet untuk menekan kolesterol. Dr Gianos mengatakan, untuk menghilangkan lemak jenuh 10 gram per hari, sebaiknya mengonsumsi 30 gram serat, yang 10 persen di antaranya berupa serat tidak larut. 
 
Dr Gianos juga menyarankan Anda untuk berolahraga kardio selama 60 menit per hari. Misalnya, berjalan cepat, bersepeda, berlari, menari, berkebun, berenang, jogging, dan aerobik. 
 
Cara lain untuk menjaga agar kolesterol tak melonjak yaitu dengan minum Nutrive Benecol setiap hari. Nutrive Benecol telah teruji membantu menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu, LDL hingga 15 persen, dan membantu mengurangi risiko jantung koroner.
 
Nutrive Benecol juga mengandung Plant Stanol. Ini adalah senyawa alami yang banyak terdapat dalam tanaman yaitu rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, jagung, gandum dan tanaman lainnya. Plant Stanol bekerja dalam tubuh dengan cara berkompetisi dengan kolesterol dan makanan yang masuk dalam saluran cerna agar tidak diserap oleh usus halus.
 
Untuk mencapai manfaat maksimal, Anda harus minum dua sajian sehari setelah makan. Tersedia  varian smoothies dengan rasa enak yakni blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Ada juga Nutrive Benecol Cereal dengan rasa yang lezat, yaitu vanilla veggie mix dan chocolate. 
 
Nutrive Benecol, cara enak usir kolesterol!

 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif