(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

4 Makanan Tinggi Kolesterol yang Bermanfaat bagi Tubuh

Rona kalbe nutritionals
Pelangi Karismakristi • 14 Februari 2019 07:19
Jakarta: Makanan yang mengandung kolesterol memang patut diwaspadai, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat LDL (kolesterol jahat) tinggi. Namun, tak semua makanan berkolesterol berdampak buruk sepenuhnya. 
 
Ada beberapa yang bermanfaat bagi tubuh.
 
1. Keju

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip Healthline, kandungan kolesterol dalam keju tergolong tinggi, yakni 27 mg per satu ons. Namun, keju juga sarat dengan nutrisi lain. Dalam satu ons keju terdapat 7 gram protein dan 20 persen kalsium harian. Keju juga membantu mengurangi lemak tubuh, meningkatkan massa otot, dan mengurangi kerusakan gigi.
 
2. Telur
 
Telur juga termasuk dalam deretan makanan berkolesterol, namun bergizi tinggi. Dua butir telur mengandung 442 mg kolesterol. Walau demikian, telur menyediakan 13 gram protein, 46 persen kebutuhan selenium serta riboflavin, vitamin B12 dan kolin.
 
Kuning telur disebut sebagai bagian yang paling tinggi kolesterol, namun bagian ini juga paling bergizi karena mengandung antioksidan lutein dan zeaxatnthin, yang memberikan perlindungan dari gangguan mata seperti katarak.
 
3. Minyak Hati Ikan Kod 
 
Meskipun dalam satu sendok makan minyak hati ikan kod mengandung 77 mg kolesterol, ia kaya akan vitamin A dan D. Minyak hati ikan kod juga memiliki asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak hati ikan kod juga telah terbukti mengurangi gejala rheumatoid arthritis dan nyeri sendi.
 
4. Kerang
 
Kerang-kerangan termasuk udang, kepiting, dan lobster dikenal sebagai makanan yang lezat, bergizi, rendah lemak, namun tinggi kolesterol. Misalnya, dalam 100 gram udang mengandung 195 mg kolesterol dan hanya 1 gram lemak. 
 
Kerang juga merupakan sumber protein yang tinggi niasin, vitamin B12, dan zat besi. Satu porsi jenis kerang juga menyediakan 50 persen RDI untuk selenium, mineral yang mengurangi peradangan dan dapat mengurangi risiko kanker prostat. Bahkan, kerang menjadi salah satu sumber yodium terbaik dan penting untuk fungsi otak serta tiroid.
 
Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi dan ingin mengonsumsi makanan tersebut, disarankan untuk tidak berlebihan. Anda juga harus tetap menjaga agar kadar kolesterol tak melonjak dengan cara rutin berolahraga dan minum Nutrive Benecol setiap hari.
 
Nutrive Benecol telah teruji membantu menurunkan kolesterol 7-10 persen dalam 1-2 minggu, LDL hingga 15 persen, dan membantu mengurangi risiko jantung koroner.
 
Nutrive Benecol juga mengandung Plant Stanol. Ini adalah senyawa alami yang banyak terdapat dalam tanaman yaitu rye, kedelai, sayur-sayuran, minyak sayuran, nasi, buncis, jagung, gandum dan tanaman lainnya. Plant Stanol bekerja dalam tubuh dengan cara berkompetisi dengan kolesterol dan makanan yang masuk dalam saluran cerna agar tidak diserap oleh usus halus.
 
Untuk mencapai manfaat maksimal, Anda harus minum dua sajian sehari setelah makan. Tersedia  varian smoothies dengan rasa enak yakni blackcurrant, strawberry, orange, dan lychee. Ada juga Nutrive Benecol Cereal dengan rasa yang lezat, yaitu vanilla veggie mix dan chocolate. Nutrive Benecol, cara enak usir  kolesterol!

 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif