NEWSTICKER
Salah satu cara untuk memerangi virus korona baru atau covid-19 adalah dengan selalu menjaga kebersihan tangan Anda. (Ilustrasi/Pexels)
Salah satu cara untuk memerangi virus korona baru atau covid-19 adalah dengan selalu menjaga kebersihan tangan Anda. (Ilustrasi/Pexels)

Cara Menggunakan Hand Sanitizer yang Benar

Rona virus corona tips cuci tangan
Kumara Anggita • 17 Maret 2020 17:02
Jakarta: Salah satu cara untuk memerangi virus korona baru atau covid-19 adalah dengan selalu menjaga kebersihan tangan Anda. Ini bisa dilakukan dengan mencuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan pembersih berbahan dasar alkohol.
 
Namun, banyak orang yang belum tahu cara membersihkan tangan dengan air dan sabun dengan benar. Masih ada yang mencucinya asal kena, masih ada juga yang cucinya dengan air tidak mengalir. Oleh karena itu, usaha yang dilakukan jadi kurang efektif.
 
Hal yang serupa juga terjadi dalam penggunaan hand sanitizer. Banyak orang asal pakai saja. Untuk itu perdalam pemahaman Anda tentang bagaimana cara menggunakan hand sanitizer yang benar dilansir dari Parents.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika Anda ingin membuang kuman, idak ada yang lebih baik dari mencuci tangan Anda dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik, kata Christine Schindler, CEO dan pendiri PathSpot.
 
Sabun mengendurkan kotoran dan bakteri dari kulit dan air membantu untuk mencucinya. Tetapi dalam keadaan darurat, Centers of Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan Anda dapat menggunakan pembersih tangan berbasis 60 persen alkohol. Kurang dari itu sebenarnya bisa mendorong pertumbuhan bakteri. 

Cara Menggunakan Hand Sanitizer.

Hal yang perlu Anda ingat adalah menggunakan hand sanitizer tidak bisa sebentar dan hanya sekali dalam sehari. 
 
Pertama, Gosok hand sanitizer di seluruh tangan Anda. Spesifiknya, di antara jari-jari, di bagian depan dan belakang, dan di bawah kuku Anda dengan menggosokkannya ke telapak tangan Anda. 
 
"Kedua, Anda harus terus menggosok sampai pembersih benar-benar kering," kata Schindler.
 
Ketiga, Jangan biarkan Anda mengelap tangan Anda di celana karena akan mengurangi efektivitas.
 
Keempat, tunggu sejenak. Ini karena hand sanitizer tidak segera efektif. Penelitian yang dipublikasikan di mSphere pada bulan September 2019 menemukan desinfektan yang dibiakkan dengan etanol tidak dengan cepat menghancurkan virus influenza A.
 
Studi ini menemukan bahwa diperlukan setidaknya empat menit untuk membunuhnya, ini karena lendir "lebih kuat dari yang diperkirakan" yang mengelilingi virus.  Mencuci tangan tanpa sabun ternyata lebih efektif — membunuh virus dalam 30 detik.
 
Itulah cara menggunakan hand sanitizer yang tepat. Praktikan dari sekarang dan terus lakukan sampai jadi terbiasa.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif