Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar saat Liburan
(Foto:Shutterstock)
Jakarta: Liburan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan ditunggu semua orang. Agar liburan Anda berjalan lancar, kesehatan harus tetap diperhatikan. 

Jangan sampai ketika sedang berlibur, Anda justru sakit. Oleh karena itu, Anda mesti memperhatikan kesehatan saat tengah liburan. Caranya bagaimana?

1. Cukup tidur


Tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup. Tidur mampu memulihkan kembali tenaga yang terkuras. Jangan paksakan diri jika tubuh sudah merasa lelah. Sempatkan istirahat sebelum memulai perjalanan.

2. Sarapan

Sarapan menjadi sumber energi untuk menjalani aktivitas dan penting untuk menjaga sistem metabolisme tubuh. Oleh karena itu, sempatkan sarapan agar tubuh berenergi dan bersemangat.

3. Camilan sehat

Untuk mengatasi rasa ingin mengemil saat di perjalanan atau sedang di lokasi wisata, siapkan camilan sehat berupa granola atau protein bar. 

4. Sempatkan olahraga

Sempatkan lakukan peregangan selama 5-10 menit setiap pagi di kamar hotel. Regangkan tangan, kaki, leher, bahu, dan punggung supaya badan lebih segar. Bisa juga melakukan push up, sit up, jumping jacks, dan beberapa pose yoga. Manfaatkan juga fasilitas olahraga yang disediakan hotel.

5. Berjalan kaki

Jika jarak antara destinasi yang satu dengan lainnya tak begitu jauh, sebaiknya Anda berjalan kaki. Selain menghemat biaya transportasi, berjalan kaki akan membakar kalori, memelihara kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme, mencegah osteoporosis, dan membuat tubuh bugar.

6. Cegah dehidrasi

Mengingat padatnya jadwal kegiatan liburan, sediakan selalu botol air untuk mencegah tubuh dehidrasi. Selain air putih, Anda juga bisa melepas dahaga dengan minum air kelapa. Air kelapa menjadi pilihan yang tepat untuk mengembalikan cairan tubuh. Air kelapa juga baik dikonsumsi setelah berolahraga.

Manfaat air kelapa diungkapkan oleh seorang pakar kesehatan dari Harvard School of Public Health Liliang Cheung. "Air kelapa dapat membantu mengisi potassium dalam tubuh. Air kelapa juga merupakan cara alami untuk mencegah tubuh dehidrasi, serta mengurangi kadar sodium," kata Cheung.

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa, tak perlu repot lagi mencarinya. Kini ada Hydro Coco. Minuman air kelapa kemasan ini selain bisa mengganti cairan tubuh, juga kaya mineral, mengandung fiber, dan bebas lemak.

Hydro Coco diproduksi menggunakan teknologi UHT dan Aseptic sehingga tidak memerlukan bahan pengawet, pewarna, dan pemanis buatan, kualitas air kelapa serta nutrisi dan mineral di dalamnya tetap terjaga. 

Dibuat dari air kelapa asli yang sumbernya berasal dari perkebunan kelapa terbesar di Indonesia, tepatnya di provinsi Kepulauan Riau, Indonesia, Hydro Coco merupakan minuman air kelapa dalam kemasan pertama di Indonesia yang dikemas dengan tetraprisma aseptic berukuran 250 mililiter dan 500 mililiter.



(ROS)