(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Sering Lapar Tengah Malam? Ini Dia Penyebabnya

Rona kalbe nutritionals
Gervin Nathaniel Purba • 04 Desember 2018 07:20
Jakarta: Tidak jarang rasa lapar baru muncul di atas jam sembilan malam. Ditambah hawa malam yang dingin membuat perut semakin keroncongan, memaksa Anda mencari sesuatu yang bisa dikunyah.
 
Isi kulkas pun disisir satu per satu. Kemudian mencari ke lemari penyimpan makanan. Pilihan terakhir jika stok kosong adalah menggunakan jasa pengirim makanan. 
 
Mungkin Anda sempat terpikir alasan kerap merasa lapar saat malam hari. Padahal sudah merasa makan yang cukup pada jam makan malam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut pakar gizi, jam makan malam ideal adalah antara pukul 17.00 hingga 18.00, atau tiga jam sebelum tidur. Jika ingin tidur pukul 21.00, maka makan malam dilakukan pukul 18.00.
 
Jika makan melewati jam tersebut, berat badan bisa naik. Sebab, makanan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Sebaliknya, pada siang hari makanan diubah menjadi energi untuk beraktivitas.
 
Ada beberapa hal yang menyebabkan rasa lapar muncul pada malam hari menjelang tidur.
 
1. Sugesti
 
Ini sering terjadi ketika sedang menonton televisi. Tiba-tiba muncul iklan makanan siap saji, atau sebuah tayangan film yang sedang menyorot makanan, khususnya acara kuliner. Jika rasa lapar muncul dan tidak tertahankan, sebaiknya lekas ganti saluran televisi.
 
2. Insomnia
 
Orang yang sulit tidur pasti merasa bosan. Salah satu cara untuk mengisi waktu adalah dengan makan. Apalagi jika sudah bingung mau berbuat apa, lalu Anda memilih nonton televisi (kembali ke poin pertama). Daripada makan, sebaiknya minum teh karena akan membantu Anda merasa lebih rileks.
 
3. Perasaan Sedih
 
Orang yang sedang sedih terkadang terasa seperti kosong hatinya. Jika tidak ada cara lain untuk menghibur diri, makan menjadi pilihan menarik. 
 
4. Frustasi
 
Bagi sebagian orang, perasaan marah dan frustasi memicu nafsu makan. Sama seperti poin ketiga, makan bisa menenangkan diri.
 
5. Ketidakseimbangan Nutrisi
 
Terlalu banyak mengonsumsi gula atau karbohidrat dan tidak mendapatkan cukup lemak sehat pada siang hari membuat Anda menderita gangguan gula darah. Inilah yang membuat Anda merasa lapar pada malam hari.
 
6. Fokus Kerja
 
Banyak pekerjaan yang harus diselesaikan membuat jam makan malam terlewat. Akibatnya, Anda baru bisa makan di atas jam sembilan malam.
 
7. Anti Makan Malam
 
Banyak orang yang sengaja melewatkan jam makan malam untuk menurunkan berat badan. Akibatnya, rasa lapar luar biasa dirasakan di atas jam sembilan malam. Padahal makan teratur pagi, siang, dan malam bagus untuk menjaga metabolisme tubuh. 
 
Jika Anda benar-benar lapar sebelum tidur, makan camilan yang sehat dengan kandungan serat tinggi, Fitchips. Anda tak perlu takut gemuk saat menyantapnya. Sebab, Fitchips terbuat dari multigrain atau biji-bijian dan kaya serat, seperti oat, quinoa, whole wheat (gandum utuh), dan jagung. Multigrain merupakan sumber serat dan baik untuk memelihara kesehatan jantung. 
 
Makanan yang asyik untuk mengemil ini hadir dalam tiga varian rasa, yakni honey BBQ, seaweed, serta cheese & herbs. Fitchips dibuat tanpa penguat rasa/MSG, pengawet, pewarna dan pemanis buatan (4P). Rasa asin pada Fitchips didapat dari garam yang juga berfungsi sebagai pengawet alami.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi