NEWSTICKER
Kurangi garam untuk kesehatan paru-paru Anda. (Foto: Pexels.com)
Kurangi garam untuk kesehatan paru-paru Anda. (Foto: Pexels.com)

Kurangi Garam untuk Lindungi Kesehatan Paru-paru

Rona kesehatan paru-paru
Torie Natalova • 29 Maret 2019 11:33
Makanan bernutrisi tinggi tak hanya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda tetapi juga melindungi jaringan paru-paru Anda dan meningkatkan regenerasinya.
 

Jakarta:
Melindungi kesehatan paru-paru sangat penting untuk menghindari pernapasan dari penyakit kronis. Menjaga kesehatan dapat dilakukan dengan mengubah pola makan dan meningkatkan kualitas makanan Anda menjadi makanan penuh nutrisi tinggi.
 
Makanan bernutrisi tinggi tak hanya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda tetapi juga melindungi jaringan paru-paru Anda dan meningkatkan regenerasinya. Jika Anda sudah memiliki masalah paru-paru atau mengalami kesulitan bernapas, mulailah dengan diet sehat untuk membersihkan paru-paru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa bahan makanan penuh nutrisi berikut masuk dalam rekomendasi untuk meringankan gejala infeksi pernapasan dan penyakit paru obstruktif kronis.

1. Sumber asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 tak hanya melindungi tapi juga membersihkan paru-paru kita. Asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi risiko kanker paru-paru dan kondisi kronis lain. Selain itu, lemak baik mengaktifkan pemisahan zat anti inflamasi untuk meningkatkan fungsi paru jika ada asma, flu atau batuk.
 
(Baca juga: Perbanyak Vitamin D, Cara Mencegah Kanker Paru-paru)
 
Kurangi Garam untuk Lindungi Kesehatan Paru-paru
(Minyak zaitun, kacang-kacangan, buah-buahan kering, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian, merupakan sumber karbohidrat dan tambahan antioksidan terbaik. Foto: Pexels.com)

2. Glutamin dan arginin

Penyakit paru menurunkan kualitas asam amino glutamin dan arginin, khususnya. Sebagai tindakan pencegahan, tambahan keduanya dalam diet Anda sebagai bagian dari jumlah protein harian yang disarankan. Ini baik bagi kesehatan paru-paru Anda.
 
Sumber terbaik glutamin dan arginin adalah ikan, telur, susu, karbohidrat kompleks karena karbohidrat sederhana justru akan memperburuk peradangan.
 
Minyak zaitun, kacang-kacangan, buah-buahan kering, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian, merupakan sumber karbohidrat dan tambahan antioksidan terbaik.

3. Perhatikan asupan garam

Minimalkan penggunaan garam yang dapat memicu peradangan. Pilih rempah-rempah untuk memperkuat rasa makanan. Hindari juga makanan olahan yang kaya natrium.
 
Ini dapat memperburuk kondisi paru-paru dengan menyebabkan retensi cairan dan sirkulasi yang buruk sehingga paru-paru terbebani dan memengaruhi kemampuan Anda untuk bernapas.
 
Konsultasikan dengan dokter dokter spesialis paru karena dokter spesialis paru adalah seorang dokter ahli yang menangani penyakit dan gangguan paru-paru.
 
Berikut rumah sakit yang terdapat dokter spesialis paru antara lain, Rumah Sakit Grha Kedoya, Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah. Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif