Siwak. (Foto: Ist)
Siwak. (Foto: Ist)

Siwak, Kayu Ajaib untuk Kesehatan Gigi

Rona tips merawat gigi
Medcom • 03 Februari 2020 15:31
Jakarta: Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar tentang kayu siwak? Pamornya sebagai sikat gigi alami sudah tak asing di telinga masyarakat muslim.
 
Siwak adalah akar dari pohon Salvadora Persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Sikat gigi ini tentunya ramah lingkungan karena berasal dari pohon.
 
Dalam agama Islam, siwak sudah digunakan sejak 3.500 tahun yang lalu sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Pada masa beliau, siwak menjadi bahan yang diandalkan karena beragam kandungannya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Bahkan sejak 1984, World Health Organization (WHO) merekomendasikan siwak sebagai bahan yang efektif untuk merawat kesehatan gigi dan mulut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pakar kesehatan gigi dan mulut, Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc mengatakan berbagai penelitian modern telah membuktikan bahwa siwak adalah bahan alami yang berfungsi menghambat dan menghentikan pertumbuhan bakteri. Serta menguatkan permukaan email gigi sehingga mencegah timbulnya gigi berlubang.
 
Siwak, Kayu Ajaib untuk Kesehatan Gigi
Peluncuran Pepsodent Siwak di Rumah Maroko Menteng. (Foto: Yuni/Medcom.id)
 
"Siwak memiliki banyak khasiat yaitu dapat menjaga kesehatan gusi dan jaringan penyangga gigi, menghentikan pendarahan dan peradangan gusi. Juga, menstimulasi peningkatan produksi air liur yang berfungsi menetralkan kondisi asam di dalam mulut. Dengan begitu banyaknya manfaat, penggunaan siwak kini sudah mendunia," tutur Drg. Ratu Mirah saat peluncuran Pepsodent Siwak di Rumah Maroko Menteng.
 
Menurutnya siwak juga bukan barang baru. Dari zaman anxient orang sudah punya kebiasaan membersihkan mulutnya dengan siwak karena memiliki beragam khasiat.
 
"Siwak diketahui mengandung fluoride, berfungsi sangat baik untuk meremineralisasi gigi berlubang. Kandungan lainnya adalah resin yang berperan membentuk lapisan pada enamel gigi, silika yang membantu menghilangkan plak dan noda pada gigi, serta vitamin C yang membantu memperbaiki jaringan lunak yang rusak. Siwak juga bisa menekan bakteri patogen penyebab penyakit gusi," jelas Drg. Mirah.
 
Meski populer di kalangan kaum muslim, pengguna siwak tak melulu hanya di Tanah Arab. Masyarakat Jepang juga mengenalnya dengan nama koyuji. Warga Amerika Serikat mengenalnya dengan nama miswak. Sedangkan, masyarakat Pakistan dan Indian menyebutnya Datan.
 
Yuni Yuli Yanti
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif