Ilustrasi--Mata salah satu fitur wajah yang paling mudah dikenali dan dapat meningkatkan penampilan seseorang--Pexels
Ilustrasi--Mata salah satu fitur wajah yang paling mudah dikenali dan dapat meningkatkan penampilan seseorang--Pexels

Menilik Kondisi Kesehatan dari Warna dan Bentuk Mata

Rona mata
Anda Nurlaila • 27 Juni 2019 12:14
Keindahan mata dapat meningkatkan penampilan seseorang. Warna dapat menjadi 'cermin' kondisi kesehatan seseorang.
 

Jakarta: Mata salah satu fitur wajah yang paling mudah dikenali dan dapat meningkatkan penampilan seseorang. Namun lebih dari itu, warna hingga bentuk indra penglihatan manusia ini dapat memperlihatkan kondisi kesehatan seseorang.
 
Dilansir WebMD berbagai penelitian menemukan ada hubungan kondisi fisik mata dengan beberapa risiko terkena gangguan kesehatan, di antaranya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kanker mata
 
Punya mata biru, hijau, atau abu-abu? Kemungkinan Anda terkena kanker mata atau uveal melanoma lebih tinggi daripada mereka yang bermata cokelat.
 
Kepercayaan
 
Peneliti menemukan orang cenderung menilai wajah bermata cokelat lebih dapat dipercaya daripada warna mata lain. Tetapi penelitian selanjutnya mengatakan bahwa fitur wajah yang umum ada pada mereka yang bermata cokelat yang cenderung memberi orang kepercayaan.
 
Masalah gula darah
 
Sebuah studi di Eropa pada 2011 menunjukkan bahwa kombinasi mata biru dan kulit putih membuat risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 1.
 
Gangguan pendengaran
 
Studi menunjukkan bahwa dalam lingkungan yang keras, orang bermata cokelat memiliki lebih sedikit gangguan pendengaran dibandingkan orang yang matanya memiliki rona biru. Diyakini karena mereka yang bermata cokelat memiliki lebih banyak melanin di mata dan telinga mereka. Ini memberi perlindungan lebih baik saat tingkat kebisingan meningkat.
 
Ketergantungan minum keras
 
Pemilik mata biru tidak hanya lebih cenderung senang minum minuman beralkohol. Studi pada 2015 menyebut orang yang bermata biru juga berisiko lebih tinggi menjadi kecanduan alkohol.
 
Endometriosis
 
Endomstriosis terjadi ketika jaringan yang biasanya tumbuh di dalam rahim tumbuh di luarnya. Ketika menyerang organ-organ seperti kandung kemih dan usus disebut infiltrating endometriosis (DIE). Wanita yang memiliki DIE memiliki mata biru banyak daripada wanita dengan warna mata lainnya. Para ahli menduga gen yang mengontrol warna mata mungkin terkait gen penyebab DIE.
 
Respon terhadap terapi
 
Warna mata berperan dalam jenis terapi perilaku yang paling cocok untuk Anda. Mata gelap bisa berarti Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam perawatan yang lebih kaku. Sementara mereka yang bermata lebih terang cenderung merespons program yang berubah seperti yang mereka lakukan, dengan kecepatan mereka.
 
Menilik Kondisi Kesehatan dari Warna dan Bentuk Mata
Ilustrasi--Pexels
 
Perbedaan dilasi
 
Satu dari 5 orang secara alami memiliki ukuran pupil berbeda, salah satu lebih kecil daripada yang lain. Tetapi kadang-kadang perbedaan ukuran pupil menjadi tanda masalah kesehatan seperti gangguan sistem saraf, stroke, atau infeksi.
 
Vitiligo
 
Jika Anda memiliki mata biru, Anda cenderung memiliki risiko lebih rendah kehilangan warna kulit berbentuk bercak. Para ahli berpikir hal itu bisa jadi karena beberapa gen yang memengaruhi warna biru menurunkan risiko terkena kondisi tersebut.
 
Katarak
 
Kondisi yang mengaburkan penglihatan ini lebih mungkin mengenai pada mereka yang memiliki warna mata cokelat, menurut sebuah penelitian di Australia. Para peneliti percaya bahwa warna mata gelap membuat katarak dua kali lebih mungkin terjadi.
 
Pupil bintang
 
Studi mengenai hal ini sedang berlangsung, tetapi para ahli berpikir ukuran pupil dapat menjadi tanda kecerdasan. Pupil mata yang lebih besar cenderung terhubung ke otak yang bekerja dengan baik.
 
Mata berwarna-warni
 
Apakah ada bercak biru di sebagian mata coklat Anda? Ini bisa jadi  gejala sindrom Waardenburg. Gangguan genetik yang bisa membuat Anda kehilangan pigmen di rambut, kulit, dan mata Anda. Hal ini juga dapat menyebabkan tuli dan fitur wajah yang unik, seperti mata lebar dan jembatan hidung lebar.
 
Keterampilan olahraga
 
Dalam gerakan yang dilakukan sebagai reaksi, seperti tinju, memukul bola, pertahanan sepak bola, orang yang bermata cokelat cenderung lebih bersinar. Tetapi jika keterampilan olahraga adalah tindakan yang dikendalikan dari awal hingga akhir seperti bowling, golf, atau pitching baseball, mereka yang bermata biru akan lebih mudah berprestasi.
 
Toleransi rasa sakit
 
Warna mata memengaruhi toleransi terhadap rasa sakit. Teori mereka: Wanita bermata berwarna gelap cenderung mengalami lebih banyak tekanan selama persalinan. Mereka lebih sering terbangun akibat rasa sakit, merasakan lebih banyak rasa sakit saat istirahat dan ketika mereka bergerak, dan lebih cenderung tertekan karena rasa sakit mereka.
 
Degenerasi makula
 
Sebuah penelitian di Australia mengatakan orang dengan mata berwarna terang dua kali lebih mungkin mengalami degenerasi makula terkait usia. Penyakit ini bisa menyebabkan kehilangan penglihatan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif