Jangan Takut Mengemil, Ini 4 Manfaatnya bagi Kesehatan

Rosa Anggreati 03 Desember 2018 07:42 WIB
kalbe nutritionals
Jangan Takut Mengemil, Ini 4 Manfaatnya bagi Kesehatan
Mengemil memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh (Foto:Shutterstock)
Jakarta: Kebiasaan mengemil acap kali dijadikan kambing hitam dalam melonjaknya berat badan. Padahal, mengemil tak selalu buruk. 

Mengemil memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Tentu saja dengan catatan, camilan yang disantap tak lebih dari 100 kalori dengan perpaduan antara karbohidrat, protein, dan lemak sehat.

Apa saja manfaat mengemil?


1. Menekan Nafsu Makan

Mengemil akan meredam Anda makan berlebihan saat tiba jam makan. Pilih makanan ringan seperti keju, buah, atau selai kacang yang dimakan bersama biskuit gandum. Makanan tersebut rendah kalori, tetapi dapat memuaskan rasa lapar.

2. Peningkatan Energi

Camilan sehat yang terdiri atas karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat meningkatkan energi Anda untuk jangka waktu lebih lama daripada camilan manis. Hal ini karena gula akan menyebabkan kadar gula darah melonjak dan kemudian jatuh, membuat Anda lapar dan lesu. Karbohidrat kompleks merupakan sumber energi yang stabil. Yoghurt dengan sedikit granola bisa menjadi pilihan mengemil yang enak.

3. Peningkatan Konsentrasi 

Mengunyah camilan sehat di antara waktu makan akan meningkatkan fokus dan kinerja, baik di sekolah maupun di tempat kerja. Menurut American Dietetic Association, anak-anak dapat memahami dan menyimpan informasi yang diterimanya di kelas dengan lebih baik.

Sementara,  pada orang dewasa makan camilan kecil di sore hari akan membuat mereka menyelesaikan tugas lebih cepat dan efisien. Makanan ringan yang sebaiknya dimakan ialah sayuran, popcorn, atau snack bar energi rendah kalori.

Makanan yang juga enak dijadikan camilan ialah Fitchips. Fitchips terbuat dari multigrain atau biji-bijian bernutrisi yang kaya serat, yakni oat, quinoa, whole wheat (gandum utuh), dan jagung. Fitchips dibuat tanpa penguat rasa/MSG, pengawet, pewarna dan pemanis buatan (4P). Rasa asin pada Fitchips didapat dari garam yang juga berfungsi sebagai pengawet alami. Fitchips hadir dalam tiga varian untuk Anda nikmati sesuai selera, yakni honey BBQ, seaweed, dan yang terbaru cheese & herbs.

4. Asupan Nutrisi Meningkat

Makan camilan yang sehat memungkinkan Anda untuk menambah asupan nutrisi penting Anda. Buah dan sayuran memenuhi kebutuhan akan vitamin A dan C. Kedua vitamin ini penting untuk menjaga kekebalan tubuh, kesehatan gigi dan gusi, serta penyembuhan luka.

Tambahkan keju rendah lemak dan yoghurt untuk meningkatkan asupan protein, yang diperlukan untuk pembentukan otot, kulit, sel, dan rambut yang sehat. Mengemil segenggam kacang akan menambah lemak sehat pada program diet Anda, sekaligus melindungi jantung dan otak.



(ROS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id