Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih di Rumah

Rona Infeksi Saluran Kemih (ISK)
Raka Lestari • 23 Mei 2020 08:05
Jakarta: Salah satu infeksi bakteri yang cukup umum adalah infeksi saluran kemih (ISK). Jika tidak diobati, ISK akan menyebabkan masalah kesehatan serius seperti infeksi ginjal. Untuk mengobati ISK, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik.
 
Akan tetapi, Anda bisa memilih cara yang lebih alami dalam mengobati ISK seperti berikut ini:

Minum banyak air putih

Minum air putih dan menjaga hidrasi tubuh dapat membantu mencegah terjadinya ISK. Mengonsumsi lebih banyak air putih dapat membuat Anda lebih sering buang air kecil, sehingga bakteri yang menyebabkan infeksi dapat keluar.
 
“Kami merekomendasikan kepada pasien yang mengalami ISK untuk minum air putih setidaknya 2 – 3 liter setiap harinya,”kata Rena Malik, M.D, ahli urologi dan ketua divisi pelvis wanita dan bedah rekonstruktif di University of Maryland School of Medicine.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ini bisa termasuk air putih, minuman rasa, dan minuman non-kafein," sambungnya.

Mengonsumsi buah cranberry

Ada sebuah bukti yang menemukan bahwa cranberry dapat mencegah ISK. Hal ini karena cranberry mengandung proanthocyanidins (PAC), yang dapat menghentikan bakteri menempel pada lapisan saluran kemih Anda.
 
“Anda bisa mengonsumsi cranberry yang masih murni tanpa tambahan apapun atau bisa juga mengandung suplemen yang mengandung cranberry,” kata Malik.
 
Akan tetapi, ia menyarankan untuk tidak mengonsumsi jus yang terdapat gula tambahan karena kandungan PAC akan berkurang.

Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C (asam askorbat) dapat meningkatkan keasaman urin Anda, yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab ISK. Vitamin C tentu saja tidak memiliki efek samping jika dikonsumsi dalam waktu yang singkat.
 
"Tetapi jika Anda mengonsumsinya dalam waktu cukup lama sebaiknya diskusikan dengan dokter Anda. Buah dan sayuran yang tinggi kandungan vitamin C adalah jeruk, grapefruit, dan paprika,” ujar Malik.

Konsumsi probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang membantu menyeimbangkan bakteri 'jahat' yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh Anda, seperti E. coli, dengan bakteri 'baik' yang membantu mencerna makanan dengan baik.
 
Salah satu jenis probiotik, yaitu lactobacillus dapat membantu mencegah ISK dengan menghentikan bakteri jahat dari menempel pada saluran kemih Anda. Itu karena lactobacillus menghasilkan hidrogen peroksida antibakteri, yang menyulitkan bakteri tertentu untuk bertahan hidup.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif